Contoh Teks Eksplanasi Beserta Struktur dan Cirinya, Pelajari Yuk Biar Cakap Membaca

Jum'at, 14 Juli 2023 - 15:44 WIB
loading...
A A A
Cahaya matahari adalah sumber energi utama dalam kehidupan. Tumbuhan dengan klorofil memanfaatkan cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis. Jumlah sinar matahari yang diterima oleh tumbuhan berbeda-beda tergantung pada ketinggian permukaan laut dan tingkat penutupan vegetasi di suatu daerah.

Sebagian kecil energi matahari diserap oleh klorofil dan digunakan untuk memproduksi molekul organik yang disimpan sebagai energi kimia. Kecepatan penyimpanan energi kimia oleh tumbuhan disebut produksi primer kotor (PPK). Sekitar 20% dari PPK digunakan oleh tumbuhan itu sendiri untuk respirasi dan fotorespirasi. Sisa energi disimpan oleh tumbuhan dan dikenal sebagai produksi primer bersih (PPB).

Energi yang tersimpan dalam makanan digunakan oleh konsumen untuk kegiatan hidup mereka. Energi yang tersimpan dalam makanan dilepaskan melalui proses oksidasi (respirasi). Organisme yang menggunakan energi cahaya untuk mengubah zat anorganik menjadi zat organik disebut fotoautotrof. Organisme yang menggunakan energi dari reaksi kimia untuk membuat makanan disebut kemoautotrof.

Penjelasan Struktur:

Teks di atas menjelaskan proses terjadinya arus energi. Paragraf pertama menjelaskan tentang awal terjadinya arus atau aliran energi, sehingga dapat dikategorikan sebagai struktur Identifikasi Fenomena yang memberikan gambaran umum mengenai fenomena yang dibahas.

Sementara itu, paragraf-paragraf selanjutnya berisi fakta-fakta yang menjelaskan bagaimana proses terciptanya arus energi. Fakta-fakta ini disusun secara kronologis (urutan waktu) atau kausalitas (sebab-akibat). Oleh karena itu, paragraf-paragraf selanjutnya termasuk dalam struktur Penggambaran Rangkaian Kejadian.

Contoh Teks Eksplanasi 4

Virus Korona

Virus korona atau Covid-19 (Corona Virus Disease 2019) adalah pandemi yang pertama kali ditemukan di kota Wuhan, China pada akhir Desember 2019. Virus ini menyebar dengan cepat dan telah menjangkiti berbagai wilayah. Pada awal bulan Maret 2020, virus Corona telah masuk ke Indonesia dan hingga saat ini masih terus menyebar.

Virus korona merupakan jenis virus yang dapat menginfeksi sistem pernapasan manusia. Jika sistem kekebalan tubuh lemah, virus ini dapat terus berkembang dan menyebabkan kematian. Pada awalnya, virus korona diduga berasal dari hewan liar yang dikonsumsi oleh manusia, seperti kelelawar dan ular.

Namun, belum ada bukti yang kuat untuk mendukung dugaan tersebut. Karena penyebarannya yang cepat dan luas, virus Corona telah dinyatakan sebagai pandemi global hingga saat ini dan telah menyebabkan kerugian yang besar bagi semua pihak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9967 seconds (0.1#10.140)