BRIN Buka Kesempatan Magang untuk Mahasiswa Unpad, Bisa Gabung Proyek Riset

Minggu, 16 Juli 2023 - 08:04 WIB
loading...
BRIN Buka Kesempatan Magang untuk Mahasiswa Unpad, Bisa Gabung Proyek Riset
BRIN membuka kesempatan magang untuk mahasiswa Unpad melalui program MBKM. Foto/Unpad.
A A A
JAKARTA - Mahasiswa Universitas Padjadjaran (Unpad) bisa bergabung magang di Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Magang terbagi dua yaitu magang praktik kerja dan magang riset.

Direktur Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Eng. Boy Yoseph Cahya Sunan Sakti Syah Alam menjelaskan, melalui program magang ini, para mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk belajar langsung dari para ahli di bidangnya, terlibat dalam proyek-proyek riset yang relevan, serta memperluas jaringan profesional mereka.

“Kegiatan magang BRIN dan pengalaman ini nantinya akan memberikan kontribusi positif bagi perkembangan akademik dan karie r mahasiswa ke depan” katanya, dikutip dari laman Unpad, Minggu (16/7/2023).

Untuk mengikuti kegiatan Magang Badan Riset dan Inovasi Nasional Pertama, calon peserta magang merupakan mahasiswa aktif Universitas Padjadjaran yang sedang menempuh minimal semester 5. Setelah itu, mahasiswa diminta untuk membuat akun SSO BRIN untuk aktivasi dan memilih layanan sesuai topik yang tersedia.

Baca juga: 7 Jurusan Vokasi Paling Banyak Dibutuhkan Dunia Kerja, Kecil Peluang Jadi Pengangguran

Calon peserta magang diharap memastikan dokumen dan biodata diri karena akan berpengaruh pada topik, bobot konversi SKS dan lokasi penempatan Selanjutnya, calon peserta juga harus melampirkan surat rekomendasi yang ditandatangani oleh seminim-minimnya Ketua Proram Studi dan ditujukan kepada pihak BRIN.

Berkas lainnya yang perlu dilampirkan adalah transkip nilai dari semester 1 sampai dengan saat ini, serta dokumen pendukung seperti biodata diri dan sertifikat yang bersifat opsional guna gambaran singkat tentang profil dan pengalaman akademik maupun non-akademik calon peserta.

Kepala Pusat Pengembangan Karier Unpad Dr. Rosaria Mita Amalia mengatakan, partisipasi mahasiswa dalam kegiatan magang BRIN sangat bermanfaat dan dapat memperluas jaringan profesional mereka, meningkatkan kompetensi akademik, serta mendapatkan pengalaman berharga di dunia kerja.

Ketua Program MBKM BRIN Nurdin Syidik menjelaskan, selama mengikuti kegiatan magang, mahasiswa akan bekerja sama dengan tim ahli di BRIN Unpad dalam proyek-proyek riset yang sedang berlangsung.

Dia menjealskan terdapat 2 skema kegiatan magang yang dapat diikuti, yaitu magang praktek kerja dan magang riset. Lebih lanjut, Nurdin menambahkan bahwa magang praktik kerja memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk belajar tentang proses, manajemen proyek, serta interaksi dengan tim professional.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3512 seconds (0.1#10.140)