10 Kampus Jurusan Pariwisata Bergengsi di Indonesia, Alumninya Dijamin Tak Lama Nganggur

Selasa, 18 Juli 2023 - 19:26 WIB
loading...
A A A
Program Studi Pariwisata di Universitas Brawijaya menerima lulusan SMA dan SMK dari berbagai macam peminatan. Jurusan ini pun bersedia menerima lulusan Paket C dari jurusan IPA, IPS, maupun Bahasa.


7.Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada juga memiliki program pariwisata dengan jenjang pendidikan yang beragam. Berikut sebutan lengkap bagi program studi pariwisata di UGM.

1. Pariwisata (D3)
2. Pariwisata (S1)
3. Magister Kajian Pariwisata (S2)
4. Doktor Kajian Pariwisata (S3)

Untuk jenjang D3 Pariwisata, status akreditasi dari BAN-PT adalah B. Sementara untuk program studi S1, S2, dan S3 sudah memiliki peringkat akreditasi A. Di UGM, program sarjana jurusan pariwisata merupakan bagian dari Fakultas Ilmu Budaya.Pada semester akhir, mahasiswa akan diwajibkan untuk mengambil mata kuliah pemagangan.

8.Universitas Indonesia

Kampus Jurusan pariwisata di Universitas Indonesia merupakan bagian dari program vokasi UI dan berada pada jenjang D3.
Demi mendukung pembelajaran mahasiswa, program studi ini turut bekerja sama dengan Association of the Indonesian Tours and Travel Agencies (ASITA) sebagai lembaga yang mewadahi pelaku usaha di bidang jasa perjalanan wisata di Indonesia.Sebagai program pendidikan vokasi, pembelajaran di jurusan Pariwisata UI didominasi oleh kuliah praktik, tepatnya sebanyak 70%.Sementara 30% perkuliahan sisanya berupa teori.

9.Universitas Pancasila

Berdasarkan situs resmi BAN-PT, jurusan pariwisata di Universitas Pancasila terdaftar dengan nama Program Studi Destinasi Pariwisata. Universitas Pancasila sendiri berlokasi di area Jakarta dan termasuk dalam Fakultas Pariwisata. Pada situs resmi Fakultas Pariwisata Universitas Pancasila, disebutkan bahwa program pariwisata universitas ini berfokus pada pariwisata yang berbasis komunitas.

10.Universitas Pendidikan Indonesia

Program pariwisata di Universitas Pendidikan Indonesia disebut sebagai Program Studi Manajemen Pemasaran Pariwisata. Program studi ini resmi didirikan pada tahun 2010. Yang menjadi kajian utama program studi ini adalah terkait pengelolaan pemasaran pariwisata, khususnya terkait analisis kingkungan pemasaran pariwisata. Lulusan dari Manajemen Pemasaran Pariwisata UPI nantinya akan bergelar Sarjana Pariwisata (S.Par.).
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)