5 Jurusan Teknik yang Cocok untuk Perempuan, Prospeknya Bisa Kalahkan Laki-Laki

Selasa, 18 Juli 2023 - 15:17 WIB
loading...
5 Jurusan Teknik yang Cocok untuk Perempuan, Prospeknya Bisa Kalahkan Laki-Laki
Jurusan Teknik identik dengan laki-laki. Faktanya saat ini banyak profesi di dunia kerja ditempati kaum perempuan bergelar sarjana Teknik. Foto/Quipper
A A A
JAKARTA - Sejumlah jurusan Teknik ini dinilai cocok untuk perempuan. Jurusan Teknik identik dengan laki-laki sehingga banyak orang beranggapan jurusan ini tidak cocok bagi perempuan.Benarkah?

Faktanya saat ini, ada berbagai jurusan teknik yang memiliki banyak mahasiswa perempuan. Itu artinya anggapan bahwa kaum wanita tidak cocok belajar di jurusan Teknik sama sekali tidak benar.

Bahkan di beberapa posisi di dunia kerja, kaum hawa bergelar lulusan Teknik jusru memiliki potensi gaji besar . Dirangkum dari berbagai sumber, ini 5 jurusan Teknik yang cocok untuk perempuan yang lulusannya digaji besar.

Rekomendasi Jurusan Teknik yang Cocok untuk Perempuan

1.Teknik Sipil

Bukti emansipasi wanita pada kehidupan modern saat ini sangatlah banyak, sebagai bukti saat ini banyak dari kalangan perempuan yang memilih terjun di jurusan teknik sipil.

Kehadiran perempuan di jurusan teknik sipil juga sangat cocok, sebab perempuan memiliki ketelitian, cermat, dan jago berhitung.Jurusan teknik sipil saat ini bisa dibilang jurusan yang sangat dibutuhkan di Indonesia, apalagi saat ini Indonesia tengah gencar-gencarnya melakukan pembangunan infrastruktur.

Jika berbicara mengenai prospek kerja dari lulusan teknik sipil memang tidak usah diragukan lagi. Lulusan teknik sipil dapat mengambangkan karirnya sebagai insinyur teknik sipil,analis quality control, surveyor, hingga konsultan konstruksi.

2. Teknik Kimia

Jurusan ini bisa dibilang cukup laris dan banyak diminati kaum perempuan. Mahasiswa dari jurusan ini akan banyak mempelajari bagaimana teknologi perancangan pabrik, baik itu industri yang bergerak di makanan, bioproses, obat-obatan, dan lainnya.

Apabila kamu lulus di jurusan teknik kimia, nantinya kamu dapat bekerja sebagai teknisi laboratorium, tenaga ahli quality assurance, maupun quality kontrol.Bagi perempuan yang punya concern terhadap produk-produk kecantikan seperti skincare dan lainnya, jurusan teknik kimia akan cocok buat kalian.

3.Teknik Arsitektur

Arsitektur adalah disiplin ilmu yang mempelajari desain bangunan. Mahasiswa dari jurusan ini akan banyak belajar bagaimana merancang sebuah bangunan yang tahan lama dan memiliki nilai fungsional dan estetika. Anda juga memiliki informasi tentang perencanaan anggaran pembangunan.

Setelah lulus, kamu bisa mengembangkan karirmu sebagai arsitek baik itu arsitek rumah tinggal, kawasan industri, bangunan komersial, dan lainnya. lulusannya juga dapat berkarir sebagai desainer interior, kontraktor, developer, dan karir lainnya terkait perencanaan pembangunan.


4.Teknik Informatika

Di tengah perkembangan teknologi saat ini siapapun dapat terlibat, termasuk keterlibatan perempuan di jurusan teknik informatika. Dengan kecermatan dan analisis yang kuat perempuan akan cocok jika memilih jurusan ini. Terlebih karier dibidang teknologi juga memiliki prospek yang sangat menjanjikan di era digital.

Hampir setiap perusahaan di semua bidang industri membutuhkan lulusan dari teknik informatika.Lulusan jurusan ini memiliki prospek kerja yang cerah di masa depan. Misalnya sebagai programmer, data analyst, web developer, dan banyak lagi.

5.Teknik Biomedis

Perkembangan teknologi sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang, termasuk bidang kesehatan.Dengan adanya peralatan dengan teknologi canggih juga akan berpengaruh pada peningkatan mutu layanan kesehatan untuk masyarakat. Di sinilah peran dari jurusan teknik biomedis.

Lulusan teknik biomedis dapat mengembangkan kariernya sebagai teknisi biomedis, teknisi laboratorium kesehatan, dan teknisi radiologi medis. Lulusan dari jurusan ini banyak dicari untuk bekerja di instansi pemerintah maupun swasta dengan gaji yang tinggi.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1359 seconds (0.1#10.140)