5 Jurusan Kuliah Unik dan Langka Kampus Luar Negeri, Hobi yang Dipelajari di Universitas?

Rabu, 19 Juli 2023 - 08:09 WIB
loading...
5 Jurusan Kuliah Unik dan Langka Kampus Luar Negeri, Hobi yang Dipelajari di Universitas?
Universitas Liverpool memiliki jurusan unik yakni jurusan The Beatles yang mempelajari pengaruh grup musik legendaris itu di budaya masyarakat. Foto/BBC
A A A
JAKARTA - Sejumlah jurusan di universitas luar negeri ini unik dan langka. Jurusan kuliah tidak boleh dipilih secara asal atau semabarangan. Saat hendak memilihnya, Anda harus mempertimbangkan banyak hal seperti minat dan bakat agar tidak menyesal di kemudian hari.

Pada perkembangannya, jurusan kuliah memiliki banyak variasi yang beragam. Dari sekian banyak, ternyata ada beberapa di antaranya jurusan unik yang hanya ada di luar negeri. Penasan? Dirangkum dari berbagai sumber, simak daftar 5 jurusan kuliah unik dan langka universitas di luar negeri berikut ini.

5 Jurusan Kuliah Unik yang Hanya Ada di Luar Negeri

1. Jurusan Ilmu dan Teknologi Selancar

Bagi masyarakat umum, selancar mungkin dikenali sebagai sebuah kegiatan yang bisa dijadikan hobi. Namun, ternyata sejumlah perguruan tinggi di luar negeri menjadikannya sebagai jurusan kuliah.Pada sejumlah kampus luar negeri, mereka membuka program akademik tersebut dengan tujuan melestarikan lingkungan tempat mereka bermain dan bekerja.

Sebagai contoh, jurusan ini tersedia di Universitas Cornwall, Inggris. Pada program ini, mereka tidak hanya belajar tentang penjelajahan praktis, namun juga pemahaman industri selancar dan pembuatan papan selancar.

2. Jurusan Horologi

Horologi merupakan cabang ilmu yang mempelajari tentang waktu. Salah satu perguruan tinggi yang memiliki jurusan ini adalah University of Birmingham, Inggris. Pada jurusan Horologi, mahasiswanya akan belajar mengenai kombinasi seni dan ilmu untuk mengukur waktu. Meski terdengar aneh, faktanya cukup banyak juga orang yang tertarik untuk masuk jurusan ini.


3. Jurusan The Beatles

The Beatles merupakan salah satu band legendaris dunia. Popularitas dari grup musik ini memberi ruang orang lain untuk mempelajari bagaimana musik mereka serta kisah-kisahnya.Sebagai salah satu kebanggaan kota, Universitas Liverpool bahkan membuka jurusan The Beatles.

Jurusan ini mempelajari pengaruh The Beatles dalam budaya masyarakat, baik dari sisi musik hingga mode.Tak hanya itu, mereka juga berfokus pada sektor pariwisata di Liverpool dan Inggris.

4. Jurusan Comedy: Writing and Performance

Berikutnya Comedy: Writing and Performance. Jurusan ini bisa ditemui salah satunya di Humber College of Canada.
Melalui jurusan ini, para mahasiswa akan belajar sekaligus mendapat pelatihan terkait stand-up, improvisasi, sketsa komedi, hingga pengembangan materi komedi.

5. Jurusan Manga

Manga atau komik Jepang telah menjadi produk yang mendunia. Melihat perkembangannya yang semakin cemerlang, sejumlah perguruan tinggi di Jepang membuka jurusan Manga. Kampus Seika Kyoto menjadi pelopor dalam pendidikan dan penelitian manga dengan pendirian Fakultas Manga pertama di Jepang pada tahun 2006. Setelahnya, mereka juga memiliki Sekolah Pascasarjana Manga pertama pada tahun 2010.

Tak hanya Seika Kyoto, setelahnya mulai muncul instansi pendidikan lain di Jepang yang turut membuka studi tentang Manga.
Itulah sejumlah jurusan kuliah unik dan langka yang hanya ada di luar negeri. Tertarik mendaftar?
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1885 seconds (0.1#10.140)