Gandeng Global Health Focus, UPN Veteran Jakarta Kembangkan Studi Kesehatan dan Kebencanaan

Rabu, 19 Juli 2023 - 09:38 WIB
loading...
Gandeng Global Health Focus, UPN Veteran Jakarta Kembangkan Studi Kesehatan dan Kebencanaan
Rektor UPNVJ Dr. Anter Venus, MA (tengah) diapit Founder GHF Prof Don-Eliseo Lucero-Prisno III (kiri) dan Ketua LPPM UPNVJ Sri Lestari Wahyuningrum, Ph.D dalam seminar, Selasa, (18/7/2023) Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta (UPNVJ) berencana mendirikan Center of Excellence perihal isu-isu seperti kesehatan, perubahan iklim, penanganan bencana, lingkungan hidup dan isu strategis lainnya di bidang kesehatan dan kebencanaan.

Sebagai langkah awal mewujudkan hal itu, LPMM UPNVJ menggandeng Global Health Focus (GHF) kembali berkolaborasi dalam menggelar seminar bertajuk "The Enviromental Impact on Human Health: Climate Change and Natural Disasters" di Jakarta pada Selasa, (18/7/2023)

Ini merupakan kelanjutan dari kolaborasi sebelumnya yang menghadirkan acara lokakarya (workshop) penulisan dan publikasi ilmiah bagi jajaran dosen UPNVJ. Ketua LPPM UPNVJ Sri Lestari Wahyuningrum, Ph.D. mengatakan, acara Global Health Seminar bersama GHF ini merupakan langkah awal dari tujuan jangka panjang lembaganya untuk mendirikan Center of Excellence perihal isu-isu seperti kesehatan, perubahan iklim, penanganan bencana, lingkungan hidup dan lain sebagainya.

"Perubahan iklim telah menjadi bahasan di seluruh dunia, dan isu ini relevan serta kita alami sehari-hari. Perubahan iklim ini dampaknya luar biasa, baik terhadap lingkungan, kesehatan dan kita semua," ucap Sri Lestari Wahyuningrum di awal acara.



Ia berharap seminar kolaborasi UPNVJ dan GHF ini dapat menjadi proses menginspirasi yang mendatangkan berbagai masukan dan gagasan. Nantinya, gagasan-gagasan ini dapat dikelola untuk beragam hal yang bermanfaat, baik di bidang pengajaran, penelitian maupun pengabdian masyarakat.

Membuka acara seminar, Rektor UPNVJ Dr. Anter Venus, MA. Comm mengaku bangga bisa bekerja sama dengan organisasi bereputasi baik seperti GFH. Ia mengatakan acara seminar ini merupakan bagian dari visi UPNVJ untuk menjadi universitas yang diakui secara internasional dan bereputasi baik.

"UPN Veteran Jakarta memiliki banyak potensi, termasuk jajaran peneliti dan profesional masa depan yang tangannya dipertaruhkan untuk membuat perbedaan serta perubahan besar dalam pembangunan kesehatan global, terutama di tengah isu perubahan iklim dan pemanasan global," kata Venus.

Mengenai bidang disasters atau kebencanaan, Venus mengatakan bencana merupakan sesuatu keniscayaan. Bencana alam seperti banjir atau tanah longsor, dan bencana kesehatan seperti pandemi Covid-19, diyakini akan kembali terjadi di masa mendatang dalam bentuk yang berbeda.

"Lalu, apa yang bisa kita lakukan? Apa yang dapat kita lakukan dalam mempersiapkan diri menghadapi bencana mendatang? Apa yang dapat kita lakukan dengan sumber daya manusia kita yang berharga?" tanya Venus.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1820 seconds (0.1#10.140)