The Aurobot’s, Robot Karya Mahasiswa Unesa untuk Terapi Anak Autis Borong Juara Tingkat Asia

Kamis, 20 Juli 2023 - 11:35 WIB
loading...
The Aurobot’s, Robot Karya Mahasiswa Unesa untuk Terapi Anak Autis Borong Juara Tingkat Asia
The Autorobots, robot karya mahasiswa Unesa untuk terapi anak autis. Foto/Unesa.
A A A
SURABAYA - Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menciptakan robot yang bisa membantu terapi anak autis. Robot tersebut diberi nama The Aurobot’s.

Berkat robot ini, Unesa memborong penghargaan pada The 2nd Regional Association of Vocational and Technical Education in Asia (RAVTE) Students Innovation Award 2023.

Tim Fakultas Teknik (FT) Unesa meraih tujuh penghargaan sekaligus dalam kompetisi robot tingkat Asia yang digelar awal Juli 2023 lalu. RAVTE-SIA melombakan dua jenis perlombaan yakni riset inovasi dan prototipe dengan sembilan kategori.

Pada kompetisi ini, Unesa mengirim lima tim pada dua kategori, dengan rincian dua tim ikut kategori A (Inovasi Teknologi dan Industri) dan tiga tim ikut kategori C.

Dari kelima tim yang ikut, dua di antaranya mendapat medali perunggu dan lima tim mendapatkan special award.

Baca juga: Top, UI Sabet Kampus Teknik Terbaik di Indonesia Versi THE WUR dan Scimago

Menurut Muhamad Syariffuddien Zuhrie selaku dosen pembina, kompetisi tahun ini merupakan pertama kalinya untuk Unesa. Tim yang dibentuk merupakan gabungan dan kolaborasi antara Tim Robot FT, Tim Debat FT, dan Himatektro.

Kelima tim tersebut bertemu dengan tim lain yang berasal dari 9 negara di Asia. “Kebetulan kelima tim ini punya produk inovasi yang sesuai dengan tema, dari situ namanya kesulitan bisa diminimalkan dan penyusunan proposal lomba cepat rampung,” jelasnya.

Tim yang mendapat dua penghargaan sekaligus (Bronze Awards dan Special Award Best Quality), Tim robot Audi’s (Autonomous Underwater Drone of Indonesia System) merupakan kapal selam tanpa awak yang dirancang untuk fasilitas pendukung keamanan maritim.

Robot itu juga pengembangan hasil riset sebelumnya dari tim yang mengikuti Kontes Kapal Cepat Tak Berawak Nasional (KKCTBN) tahun 2022.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2261 seconds (0.1#10.140)