5 Beasiswa untuk Kuliah S3 Terbaik di Luar Negeri, Pilih Amerika atau Eropa?

Minggu, 23 Juli 2023 - 08:47 WIB
loading...
5 Beasiswa untuk Kuliah S3 Terbaik di Luar Negeri, Pilih Amerika atau Eropa?
5 beasiswa untuk kuliah S3 terbaik di luar negeri. Pilihannya bisa di Amerika, Inggris, Australia, dan negara lainnya. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Saat ini sudah banyak tersedia program beasiswa ke mancanegara. Tidak hanya untuk kuliah S1 namun juga hingga S3 sehingga mimpi untuk meraih gelar Doktor di luar negeri kian mudah.

Mimpi untuk menempuh studi lanjut ke perguruan tinggi kini bukan mustahil lagi diwujudkan karena sudah banyak tersedia program beasiswa. Terlebih dengan persaingan kerja yang semakin ketat saat ini, dengan memiliki gelar yang lebih tinggi tentunya kesempatan untuk mendapatkan kerja yang lebih baik akan terbuka lebar.

Kuliah S3 di luar negeri bisa di mana saja. Dengan persiapan yang tepat dan pengetahuan tentang beasiswa-beasiswa ini, calon mahasiswa bisa mewujudkan impian tersebut. Setiap beasiswa memiliki syarat dan ketentuan sendiri, jadi pastikan memenuhi kriteria dan siap untuk menerima tantangan.

Dikutip dari laman Schoters, berikut ini 5 beasiswa untuk kuliah S3 terbaik di luar negeri.

5 Beasiswa untuk Kuliah S3 di Luar Negeri

1. Fulbright Scholarships


Beasiswa pertama adalah Fulbright scholarships. Fulbright scholarships merupakan beasiswa paling prestisius di dunia. Dengan menggunakan beasiswa ini memungkinkan kalian untuk bisa kuliah S3 gratis di Amerika Serikat. Fulbright Scholarships sendiri mencakup biaya kuliah, buku, perjalanan, dan biaya hidup.

Baca juga: Unpad Buka Program Beasiswa Magister untuk Masyarakat ASEAN

Untuk syarat aplikasi Fulbright beberapa di antaranya meliputi ijazah S2, skor TOEFL yang baik, dan proposal penelitian. Sedangkan untuk ketentuan pada beasiswa ini adalah untuk mengharuskan penerima beasiswa kembali ke negara asal mereka setelah menyelesaikan program studi di luar negeri.

2. DAAD Scholarships


Beasiswa DAAD adalah pilihan lain untuk kuliah S3 gratis di luar negeri tepatnya di Jerman. Pendanaan DAAD Scholarships meliputi biaya kuliah, biaya hidup, asuransi kesehatan, dan biaya perjalanan.

Syaratnya untuk dapat mendaftar DAAD Scholarships di antaranya adalah ijazah S2, skor TOEFL atau IELTS yang baik, dan proposal penelitian. Selain itu, penerima beasiswa juga memiliki ketentuan untuk kembali ke negara asal mereka setelah menyelesaikan program studi.

3. Australia Awards Scholarships


Australia Awards adalah beasiswa dari Pemerintah Australia yang memungkinkan kuliah S3 gratis di Australia. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat, dan dana tambahan.

Syaratnya untuk mengajukan beasiswa Australia Awards di antaranya adalah ijazah S2, pengalaman kerja minimal dua tahun, dan skor IELTS atau TOEFL yang memadai. Penerima beasiswa juga diharapkan kembali ke negara asal mereka setelah menyelesaikan program studinya.

Baca juga: Mahasiswa Kalbis Lolos IISMA ke Malaysia, Ingin Latih Skill dan Mentalitas

4. Erasmus Mundus Scholarships


Erasmus Mundus Scholarships adalah beasiswa yang menawarkan kesempatan kuliah S3 gratis di berbagai negara Eropa. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, biaya hidup, biaya perjalanan, serta asuransi kesehatan.

Syarat aplikasi Erasmus Mundus Scholarships adalah ijazah S2 dan skor IELTS atau TOEFL yang baik. Penerima beasiswa juga diharuskan untuk kembali ke negara asal mereka setelah menyelesaikan studinya serta berkontribusi ke perkembangan negara mereka.

5. Chevening Scholarships


Terakhir ada Chevening Scholarships. Chevening Scholarships yang merupakan beasiswa dari Pemerintah Inggris untuk kuliah S3 gratis. Chevening Scholarships mencakup biaya kuliah, biaya hidup, tiket pesawat pulang pergi, dan dana tambahan.

Beberapa syarat aplikasi Chevening Scholarships adalah ijazah S2, pengalaman kerja minimal dua tahun, dan skor IELTS yang memadai. Selain itu, Chevening Scholarships juga memiliki ketentuan yang sama dengan beasiswa sebelumnya yakni mengharuskan penerima beasiswa kembali ke negara asal mereka setelah menyelesaikan program studi di luar negeri.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2430 seconds (0.1#10.140)