9 Kampus dengan Jurusan Seni Favorit di Indonesia, Gudangnya Para Seniman

Senin, 24 Juli 2023 - 10:25 WIB
loading...
9 Kampus dengan Jurusan Seni Favorit di Indonesia, Gudangnya Para Seniman
Institut Kesenian Jakarta (IKJ) merupakan salah satu kampus jurusan seni terbaik di Indonesia yang memiliki Fakultas Film dan Televisi, Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa, dan Sekolah Pascasarjana. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini sejumlah kampus dengan jurusan seni favorit di Indonesia. Memilih jurusan kuliah perlu dilakukan dengan matang, termasuk dengan menjadikan passion atau cita-cita sebagai pertimbangan.Salah satunya passion di bidang kesenian.

Bidang seni memang seakan tidak pernah ada habisnya dipelajari, apalagi Indonesia memiliki keragaman budaya yang tersebar di seluruh nusantara. Jika memang ingin fokus menggeluti bidang kesenian setelah lulus sekolah menengah,ada banyak perguruan tinggi yang bisa menjadi pelabuhan studi kamu. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 9 kampus jurusan seni favorit di Indonesia.

9 Kampus Jurusan Seni Favorit di Indonesia

1. Institut Kesenian Jakarta

Kampus swasta Institut Kesenian Jakarta atau IKJ terletak di Jalan Sekolah Seni No.1 (Raden Saleh, Kompleks Taman Ismail Marzuki Jl. Cikini Raya No.73, RT.8/RW.2, Cikini, Jakarta Pusat, 10330). Sesuai dengan namanya, kamu akan mendapati jurusan terkait seni di kampus swasta ini. Terdapat Fakultas Film dan Televisi, Fakultas Seni Pertunjukan, Fakultas Seni Rupa, dan Sekolah Pascasarjana.

Setelah mendapatkan gelar sarjana, peluang untuk meneruskan studi hingga jenjang magister di Jurusan Penciptaan dan Pengkajian Seni pun bisa kamu tempuh di Institut Kesenian Jakarta.

2. Institut Seni Budaya Indonesia Bandung

Kampus negeri yang sering disebut dengan ISBI Bandung ini terletak di Jalan Buah Batu No.212, Cijagra, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40265. Kampus yang memiliki 3 fakultas dan 1 program pascasarjana ini membuka program untuk Diploma III (D3), Diploma IV (D4), Sarjana (S1), dan Magister (S2). Berikut ini adalah informasi terkait fakultas dan jurusan yang dapat kamu pilih di ISBI Bandung.

• Fakultas Seni Pertunjukan: Jurusan Tari (S1), Jurusan Seni Karawitan (S1), Jurusan Teater (S1), Jurusan Angklung dan Musik Bambu (D4), Jurusan Tari Sunda (D4)

• Fakultas Seni Rupa dan Desain: Jurusan Seni Murni (S1), Jurusan Tata Rias dan Busana (D4), Jurusan Kriya Seni (D3)

• Fakultas Budaya dan Media: Jurusan Antropologi Budaya (S1), Jurusan Televisi dan Film (D4)

• Program Pascasarjana: Jurusan Penciptaan dan Pengkajian Seni (S2)

3.Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Kampus seni di kota pelajar juga akan kamu temukan di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta. Lokasi kampus negeri di bidang seni ini terletak di Jalan Parangtritis KM.6,5, Glondong, Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188. Di kampus ini, kamu bisa memilih berbagai macam jurusan yang terbagi dalam 4 fakultas.

• Fakultas Seni Rupa: Jurusan Seni Murni, Jurusan Batik dan Fashion, Jurusan Desain Interior, Jurusan Desain Komunikasi Visual, Jurusan Desain Produk, Jurusan Tata Kelola Seni



• Fakultas Seni Pertunjukan: Jurusan Tari, Jurusan Karawitan, Jurusan Musik, Jurusan Pendidikan Musik, Jurusan Penciptaan Musik, Jurusan Penyajian Musik, Jurusan Teater, Jurusan Etnomusikologi, Jurusan Pedalangan, Jurusan Pendidikan Seni Pertunjukan
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2592 seconds (0.1#10.140)