Apa Itu Cumlaude Dalam Kuliah dan Bagaimana Cara Mendapatkan? Ini Bocorannya

Senin, 24 Juli 2023 - 15:15 WIB
loading...
Apa Itu Cumlaude Dalam Kuliah dan Bagaimana Cara Mendapatkan? Ini Bocorannya
Predikat cumlaude sangat diimpikan para mahasiswa ketikan belajar di bangku kuliah. Ada sejumlah persyaratan tak mudah seorang mahasiswa bisa memperoleh cumlaude. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Apa itu cumlaude dalam kuliah dan bagaimana cara mendapatkannya? Bagi mahasiswa, lulus dengan predikat cumlaude merupakan salah satu hal yang sangat diimpikan.

Cumlaude adalah sebuah penghargaan atau pujian yang diberikan kepada para mahasiswa yang dapat lulus dengan prestasi akademik baik serta memenuhi syarat atau kriteria dari kampus. Nah, bagi kamu yang belum familiar dengan apa itu cumlaude dalam kuliah dan bagaimana cara mendapatkannya, berikut ulasannya!

Apa Itu Cumlaude Dalam Kuliah?

Secara bahasa, cumlaud berasal dari Bahasa Latin yang memiliki arti “dengan pujian”.Lebih jelasnya, cumlaude adalah sebuah pujian kepada mahasiswa berprestasi akademik dan memenuhi syarat-syarat yang ditetapkan oleh masing-masing kampus.

Setiap kampus atau universitas memiliki ketentuannya sendiri dalam menentukan siapakah mahasiswa yang berhak mendapatkan predikat cumlaude akan tidak.Yang mana, predikat ini akan tertera dalam ijazah para wisudawan yang mendapatkannya.

Jenis-Jenis Cumlaude

1. Cumlaude

Jenis pujian atau gelar kehormatan yang diberikan kepada mahasiswa adalah cumlaude. Cumlaude sendiri merupakan sebuah penghargaan akademik yang akan diberikan kepada mahasiswa yang memiliki IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) di atas 3,5 s/d 3.79.
Selain memenuhi kriteria IPK, untuk mendapatkan predikat ini juga mahasiswa harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan oleh kampus seperti periode atau masa studi, nilai pada tugas akhir atau skripsi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Magna Cumlaude

Jenis yang kedua yaitu magna cumlaude yang artinya dengan pujian besar atau with great honor. Magna cumlaude adalah sebuah penghargaan akademik bagi para mahasiswa yang dapat lulus dengan IPK di atas 3,79 s/d 3,99.Sama seperti predikat cumlaude, untuk bisa mendapatkan predikat ini juga mahasiswa harus dapat memenuhi syarat-syarat dari kampus.

3.Summa Cumlaude

Jenis predikat yang ketiga sekaligus terakhir adalah summa cumlaude. Summa cumlaude adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada para mahasiswa yang memiliki IPK lebih dari 3,99. Mahasiswa yang mendapatkan IPK sempurna yaitu 4,00 akan mendapatkan predikat ini. Dimana mahasiswa tersebut akan lulus dengan penghargaan tertinggi atau with higher praise.


Manfaat Cumlaude

• Dapat meningkatkan kesempatan atau peluang di dunia kerja.
• Dapat memiliki kesempatan atau untuk mendapatkan beasiswa melanjutkan pendidikan S2.
• Dapat diangkat menjadi asdos atau asisten dosen.

Syarat Cumlaude

Setiap kampus memiliki ketentuan atau persyaratan yang berbeda-beda mengenai penetapan mahasiswa cumlaude.
Namun, secara umum, berikut adalah beberapa syarat yang harus kamu penuhi agar bisa mendapatkan predikat cumlaude saat lulus:

• Mempunyai IPK sebesar 3.50 s/d 4.00
• Lulus dengan tepat waktu (8 semester untuk S1 atau bisa juga kurang tergantung program pendidikan)
• Tidak mengulang mata kuliah atau mendapatkan nilai C semasa perkuliahan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1170 seconds (0.1#10.140)