Ratusan Calon Maba Universitas Brawijaya Mengundurkan Diri, Ini Penjelasan Pihak Kampus

Selasa, 25 Juli 2023 - 14:20 WIB
loading...
Ratusan Calon Maba Universitas Brawijaya Mengundurkan Diri, Ini Penjelasan Pihak Kampus
Universitas Brawijaya memberikan penjelasan mengenai ratusan camabanya yang mengundurkan diri dan menjadi perbincangan di media sosial. Foto/MPI/Avirista Midaada.
A A A
MALANG - Ratusan calon mahasiswa baru (camaba) Universitas Brawijaya (UB) mengundurkan diri usai dinyatakan lolos Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT). Mundurnya ratusan mahasiswa Universitas Brawijaya ini menjadi perbincangan di beberapa akun media sosial Twitter salah satunya @sbmptnfess.

Pada akun tersebut diunggah sebuah cuitan "ini kenapa pada mengundurkan diri". Namun tak disebutkan penyebab pasti mengapa banyak ratusan calon mahasiswa UB yang mengundurkan diri.

Kepala Sub Bagian Humas dan Kearsipan UB Kotok Guritno meluruskan kabar yang beredar bahwa ratusan calon maba itu tidak mengundurkan diri, melainkan tidak mendaftar ulang usai diumumkan lolos SNBT.

"Kebijakan kami, jika tidak melakukan daftar ulang dianggap mundur," ucap Kotok Guritno saat dikonfirmasi pada Selasa (25/7/2023).

Baca juga: Segini Biaya Kuliah SBM ITB di Jalur Seleksi Mandiri 2023

Di tahun 2023 saja, dikatakan Kotok, ada 83 calon mahasiswa dari jalur Seleksi Mandiri Berbasis Prestasi (SNBP) atau 11,5 persen penerima tidak melakukan daftar ulang.

Selain itu, ada sebanyak 430 calon mahasiswa yang lolos jalur SNBT atau sebanyak 17,5 persen dari yang total calon mahasiswa yang diterima juga tak melakukan daftar ulang.

"Tahun ini ada 83 calon maba jalur SNBP tidak melakukan daftar ulang dan 430 calon maba yang lolos SNBT," ucap dia.

Pihaknya menganggap para calon maba ini tidak mendaftar ulang karena telah diterima di beberapa kampus lain maupun lolos seleksi pada perguruan tinggi kedinasan.

"Yang kami ketahui, mereka mengundurkan diri adalah karena diterima di kampus lain atau lolos seleksi di perguruan tinggi kedinasan," tegasnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1597 seconds (0.1#10.140)