Cetak Lulusan Paling Cepat Kerja, Kampus di Surabaya Ini Raih Penghargaan Liga PTN BH

Rabu, 26 Juli 2023 - 05:45 WIB
loading...
Cetak Lulusan Paling Cepat Kerja, Kampus di Surabaya Ini Raih Penghargaan Liga PTN BH
dari tengah) Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari menerima penghargaan atas keberhasilan ITS meraih posisi tertinggi IKU Liga PTN-BH. Foto/Humas ITS.
A A A
JAKARTA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali menorehkan prestasi dengan meraih Penghargaan Unggulan Indikator Kinerja Utama (IKU) 1 Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum ( PTN BH ). Hal ini mengulang kemenangan serupa pada Liga PTN-BH 2021/2022 lalu.

Penghargaan yang diberikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kemendikbudristek ini membuktikan ITS berhasil mencetak lulusan yang paling cepat mendapat pekerjaan yang layak, berwirausaha, dan melanjutkan studi.

Direktur Kemahasiswaan (Ditmawa) ITS Dr Imam Abadi menjelaskan, hingga saat ini sebanyak 88,8% alumni ITS angkatan 2021 telah memenuhi syarat penilaian IKU. Syarat tersebut adalah memiliki penghasilan perbulan 1,2 kali lebih besar dari Upah Minimum Regional (UMR).

Baca juga: Biaya Kuliah Jurusan Teknik Mesin di UI, UGM, dan ITB, Simak Perbandingannya!

“Sebanyak 78% lulusan melanjutkan bekerja, 6% memilih berwirausaha, dan 4,8% memilih untuk melanjutkan studi,” katanya, melalui siaran pers, Rabu (26/7/2023).

Imam melanjutkan, para lulusan ITS telah menyebar di berbagai sektor. Antara lain industri nasional dan multinasional, industri swasta nasional, industri regional, hingga menjadi pegawai negeri.

“Industri memang masih menjadi sektor yang paling mendominasi. Namun, bukan mustahil kami bisa meluaskan prospek lebih dari ini,” timpalnya.

Lebih lanjut, Dosen Departemen Teknik Fisika tersebut mengungkapkan, penghargaan yang didapatkan oleh ITS tersebut merupakan sebuah langkah awal yang mantap untuk terus meningkatkan keberhasilan para mahasiswa.

Baginya, ini merupakan kesempatan bagi ITS untuk merancang berbagai program baru yang dapat memaksimalkan kemampuan, minat, dan bakat mahasiswa.

Baca juga: 10 Kampus Ternama Pencetak Miliarder Dunia, Kekayaannya Melimpah
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2608 seconds (0.1#10.140)