UT Makin Diminati Generasi Milenial, Bisa Kuliah Sambil Kerja

Rabu, 26 Juli 2023 - 08:30 WIB
loading...
UT Makin Diminati Generasi Milenial, Bisa Kuliah Sambil Kerja
Oktaviany Mbayang, Rektor UT Prof Ojat Darojat, dan Rey Mbayang usai Wisuda Wisuda UT Periode II Wilayah 2 2022. Foto/UT.
A A A
TANGERANG SELATAN - Universitas Terbuka (UT) kini makin diminati oleh generasi milenial yang ingin kuliah sambil bekerja. Salah satu alasannya karena sistem kuliahnya yang fleksibel.

Rektor UT Prof Ojat Darojat mengatakan, berdasarkan data UT saat ini 70 persen mahasiswa didominasi oleh anak muda dengan usia rata-rata 24 tahun. "Kami bersyukur proporsi mahasiswa UT kini semakin digemari generasi milenial," ujarnya usai Wisuda UT Periode II Wilayah 2 2023, dalam keterangan resmi, dikutip Rabu (26/7/2023).

Rektor Ojat menjelaskan, semakin banyaknya anak muda yang kuliah di UT juga akan berdampak positif pada peningkatan Angka Partisipasi Kasar (APK) Pendidikan Tinggi.

Baca juga: Ratusan Calon Maba Universitas Brawijaya Mengundurkan Diri, Ini Penjelasan Pihak Kampus

Dia menuturkan, dengan sistem kuliah yang fleksibel UT kini menjadi pilihan bagi orang-orang yang sibuk merintis karier. "Namun di saat yang sama mereka tak mau ketinggalan belajar demi masa depan yang lebih baik," ujarnya.

Begitupun di UT saat ini, ujar Prof Ojat, jumlah proporsi mahasiswa di kampusnya kini banyak anak muda yang sambil kuliah juga bekerja demi merintis karier.

"Tentu ini kabar menggembirakan. UT menjadi pilihan generasi milenial karena banyak kini anak muda yang terjun ke dunia kerja bersamaan dengan menuntut ilmu," ucapnya.

Baca juga: Berminat Kuliah S2 di Fakultas Teknik UGM, Ini Rincian Biayanya

Aktor dan penyanyi Reynaldi Mbayang atau yang dikenal Rey Mbayang termasuk salah satu wisudawan UT yang diwisuda. Suami Dinda Hauw ini lulus S1 Program studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UT dengan IPK 3.14.

Menurut Rektor, Rey Mbayang merupakan representasi generasi muda yang meski sibuk membagi jadwalnya di dunia hiburan Tanah Air namun juga fokus belajar demi meraih gelar sarjana. Dia pun berharap Rey Mbayang bisa menjadi inspirasi generasi muda lainnya.

Demikian juga dengan kakak dari Rey Mbayang yang bernama Oktaviany Mbayang atau dikenal dengan Ninie Mbayang yang lulus dari Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) Prestasi akademik dari mahasiawa UT Manado ini cukup bagus, yaitu 3,39.

Sebanyak 1.927 wisudawan dari mulai jenjang diploma, sarjana S1, dan pascasarjana yang hadir dari seluruh penjuru negeri. Terdapat dua wisudawan dengan IPK terbaik diraih oleh Kusuma Lelana Ayu Lestari, Program Studi Lingkungan dari UT Tarakan yang mendapat predikat kelulusan dengan pujian (IPK 4,00). Serta oleh Khairunisa Septiana Nurjanah, Prodi Manajemen- S1 dari UT Bogor yang juga mendapat predikat kelulusan dengan pujian (IPK 3,98).

"Momen wisuda bukanlah akhir dari suatu perjuangan, namun awal untuk lebih berkontribusi kepada masyarakat. Selamat kepada para wisudawan untuk lebih bekerja keras, berproses menapaki jejak-jejak kehidupan. Semoga lulusan UT dapat menjaga dan membanggakan almater di manapun berada," pungkas rektor.
(nnz)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1708 seconds (0.1#10.140)