7 Hal Krusial di Semester Pertama Kuliah Mahasiswa, Begini Urgensinya

Rabu, 26 Juli 2023 - 15:05 WIB
loading...
7 Hal Krusial di Semester Pertama Kuliah Mahasiswa, Begini Urgensinya
Sebagai mahasiswa baru, ada beberapa hal yang wajib diketahui sebelum memulai masa perkuliahan. Salah satunya untuk mengenali karakter dosen. Foto/campusmedia
A A A
JAKARTA - 7 hal ini harus diketahui mahasiswa di semester pertama kuliah.Setelah diterima di perguruan tinggi impian, kamu pasti akan menanti-nantikan bagaimana kehidupan kuliahmu ke depannya. Kamu akan berkenalan dengan teman baru, mendapat pengetahuan baru, hingga bergabung dengan suatu organisasi impianmu.

Sebagai mahasiswa baru, sebenarnya ada beberapa hal yang wajib kamu ketahui sebelum memulai masa perkuliahan. Lalu, apa saja hal yang harus kamu ketahui di semester pertama kuliah?

7 Hal yang Harus Mahasiswa Ketahui Saat Semester Pertama Kuliah

1.Mengenal Karakter Semua Dosen Dalam Mengejar

Hal penting untuk kamu ketahui di semester pertama kuliah adalah kamu harus tahu bagaimana karakter dosenmu ketika sedang mengajar.Selain denga memperhatikannya di kelas, kamu juga bisa menanyakan hal ini ke seniormu. Dosen dan guru pada umumnya memiliki kebiasaan mengajar yang berbeda. Meski begitu, tujuan mereka sama yakni untuk mengubah kamu dari yang tidak tau menjadi tahu.

2.“Tradisi” Senior Dalam Memperlakukan Mahasiswa Baru

Tak bisa dipungkiri bahwa setiap mahasiswa yang lebih duluan masuk di kampus tertentu biasanya memiliki “tradisi” dalam memperlakukan mahasiswa yang baru saja masuk di kampus tersebut.

Dalam konteks tersebut artinya adalah bagaimana senior meperlakukan junior. Entah itu sikap cuek, tatapan sinis, atau hal-hal lain yang tidak seharusnya dilakukan oleh orang terpelajar apalagi di tempat yang bernuansa ilmiah.

3. Manajemen Waktu yang Baik

Kamu harus tahu bahwa suasana perkuliahan sangat berbeda dengan jenjang pendidikan sebelumnya termasuk waktu. Kamu jangan sampai kaget saat semester pertama kuliah dan kamu tiba-tiba mendapat banyak tugas dari hampir seluruh mata kuliah yang kamu ambil.

Pastikan kamu bisa membagi aktivitasmu dengan baik agar semua bisa berjalan dengan seimbang, baik itu belajar, nongkrong, atau kegiatan organisasi.

4. Cara Mendapatkan Beasiswa atau Penghasilan Sendiri

Kamu bisa meringankan beban ekonomi orang tuamu meskipun kamu masih berada di semester pertama kuliah. Setiap perguruan tinggi biasanya menyediakan beasiswa bagi mahasiswanya.



Selain dari kampus, kamu juga bisa mencari beasiswa dari organisasi di luar kampus atau dari pemerintah seperti beasiswa LPDP. Beasiswa tersebut biasanya disediakan untuk meringankan biaya kuliah hingga pemberian uang saku bulanan.

5. Persiapkan Rencana Kuliah ke Depan

Rencana kuliah yang harus kamu persiapkan sejak semester pertama kuliah adalah rencanamu dalam organisasi kampus maupun akademik. Kamu bisa memiliki “campus life plan” sebagai pedoman untuk menjalani masa-masa kuliahmu ke depannya.

Misalnya tentang jadwal untuk wisuda di tahun kuliah ke berapa, jumlah SKS yang ingin kamu ambil, maupun pengalaman berorganisasi sesuai dengan minatmu.

6. UKM atau Organisasi

Hal lain yang harus kamu ketahui di semester pertama kuliah adalah jenis Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM yang ada di kampusmu dan organisasi baik itu di kampus maupun di luar kampus.Tujuannya adalah agar kamu tahu apakah ada yang bisa menaungi minat dan bakatmu serta apakah wadah tersebut bisa membantumu lebih berkembang lagi.

7. Berbagai Tempat Penting Untuk Menunjang Aktivitasmu Sebagai Mahasiswa

Untuk mempermudahmu dalam menghadapi semester pertama kuliah, kamu juga harus tahu tempat-tempat penting yang beruhubungan dengan urusan kehidupanmu sebagai mahasiswa.

Kamu harus tahu di mana letak gedung administrasi kampusmu agar kamu tidak repot jika kamu harus mengurus suatu dokumen. Selain itu, kamu juga harus tahu di mana perpustakaan kampus berada karena perpustakaan merupakan salah satu lokasi vital untuk keberlangsungan akademikmu.

4 Fase yang Akan Kamu Hadapi saat Kuliah

1. Fase Pertama

Fase pertama ini akan terjadi pada semester satu dan dua kuliah. Pada kedua semester ini, kamu akan lebih banyak menggunakan waktumu untuk mencari teman dan mulai beradaptasi dengan dunia perkuliahan.

Kamu akan mulai mendapat teman-teman baru, berusaha memahami mata kuliah, serta mengikuti beberapa UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) atau organisasi. Kamu akan mendapat beberapa manfaat jika mengikuti UKM atau organisasi.Fase inilah yang nantinya akan memiliki peran besar bagimu untuk beradaptasi dengan dunia kuliah.

2. Fase Kedua

Fase kedua ini akan terjadi saat kamu memasuki semester tiga dan empat kuliah. Kamu sudah mulai memasuki masa perkuliahan yang lebih serius. Kamu juga akan mulai menghadapi mata kuliah yang semakin menjurus ke peminatan kamu di awal kuliah. Meski begitu, kamu juga masih akan mendapati kuliah-kuliah yang masih umum.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4157 seconds (0.1#10.140)