Ini Tips Makan Hemat Anak Kos untuk Mahasiswa Baru

Kamis, 31 Maret 2022 - 20:12 WIB
loading...
Ini Tips Makan Hemat Anak Kos untuk Mahasiswa Baru
Anak kos sedang makan pagi bersama. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kalian mahasiswa baru di universitas dan harus tinggal jauh dari rumah atau orang tua. Jika kalian terpaksa harus jadi anak kos, maka harus melakukan yang namanya berhemat. Apalagi jika kalian berasal dari keluarga menengah ke bawah.

Inilah deretan tips makan hemat ala anak kos yang bisa kalian coba? Maka langsung saja simak daftar tips makan hemat ala anak kos yang sudah dirangkum dari sejumlah sumber.



1. Belajarlah masak sejak dini

Menjadi anak kos adalah pertanda harus menaklukkan segala tantangan untuk hidup mandiri. Salah satunya adalah dengan belajar masak dan mengolah makanan sendiri. Ini tidak hanya untuk anak kos putri ya, anak kos putra juga wajib untuk belajar masak.

Sebab masak bukan hanya kegiatan domestik yang harus dikuasai satu gender saja. Masak adalah cara bertahan hidup yang wajib dipahami oleh semua gender. Maka tips makan hemat ala anak kos berikutnya adalah belajar masak sendiri sejak dini. Apabila cara tersebut diatas masih kurang bisa menghemat pengeluaran, maka bisa melakukan cara satu ini.

Bisa dibilang cara satu ini cukup efektif jika bisa mengatur waktu sehari-hari. Di awal minggu bisa membeli bahan-bahan yang diperlukan selama seminggu ke depan. Ingat ya, harus membeli sesuai kebutuhan dan bukan yang diinginkan. Jadi jangan lapar mata dan membeli semua yang diinginkan juga.



Jika membeli bahan masakannya di tukang sayur, kalian mungkin hanya membutuhkan uang sekitar Rp100.000 saja untuk membeli bahan makanan selama 1 minggu. Terlihat sedikit repot memang jika harus memasak sendiri.

Namun percayalah, jika memang harus sangat berhemat, maka cara ini akan sangat berdampak besar untuk mengatur pengeluaran bulanan. Sebab jika menghitung ada perbedaan yang sangat besar jika memasak sendiri dan beli makan di luar.
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3135 seconds (0.1#10.140)