7 Tips Anti Gagal Seleksi Beasiswa, Begini Triknya

Jum'at, 28 Juli 2023 - 10:31 WIB
loading...
7 Tips Anti Gagal Seleksi Beasiswa, Begini Triknya
Untuk mendapatkan beasiswa tidaklah gampang karena ada banyak peserta lain yang menjadi saingan. Karena itu dibutuhkan tips khusus agar lolos. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini tips berpeluang besar mendapat beasiswa. Melanjutkan studi gratis alias dengan fasilitas beasiswa menjadi idaman sebagian besar mahasiswa. Terlebih saat ini peluang mendapatkan beasiswa terbuka lebar dengan banyaknya pilihan beasiswa yang ditawarkan.

Persoalannya, untuk mendapatkan beasiswa tidaklah gampang karena ada banyak peserta lain yang menjadi saingan. Belum lagi jumlahg kuotanya yang terbatas. Karena itu, bagi kamu yang menginginkan lolos seleksi beasiswa, berikut 7 tips dan strategi yang bisa dipraktikkan untuk memperbesar peluang kamu merah beasiswa.

Tips dan Trik Supaya Lulus Seleksi Beasiswa

1. Kenali Minat dan Kemampuan Kamu Sendiri

Hal utama yang harus kamu lakukan apabila ingin melanjutkan pendidikan dengan beasiswa maka merencanakan pendaftaran beasiswa dari jauh-jauh hari. Mulai dari mengenali di mana letak minatmu dan sejauh mana kemampuan kamu saat hendak mengincar beasiswa tersebut.

Kamu juga perlu tahu bahwa mendaftarkan diri untuk beasiswa bukanlah hal yang instan dan kompulsif. Perlu banyak pertimbangan dan persiapan yang dilakukan agar kesempatan untuk mendapatkan beasiswa semakin besar dan kamu tidak menelan kekecewaan.

Saat kamu sudah memutuskan untuk mendaftarkan diri pada jalur beasiswa untuk studi perguruan tinggi, maka pilihlah beasiswa yang paling ideal dan sesuai dengan minat dan kemampuan yang kamu miliki.

2. Abaikan Kuantitas dan Selalu Utamakan Kualitas

Tips berikutnya agar lulus seleksi beasiswa adalah mengabaikan kuantitas dan selalu utamakan kualitas. Hal ini rupanya sering membuat pelajar atau mahasiswa seringkali salah mempersiapkan strategi ketika mempersiapkan diri untuk beasiswa. Terutama bagi kamu yang mengincar beasiswa jalur prestasi.



Sebab yang akan menjadi indikator penilaian juri untuk menentukan kandidat yang layak mendapatkan beasiswa adalah seberapa besar skala dan seberapa berdampak prestasi yang kamu peroleh. Bukan dari seberapa banyak kamu mampu mengumpulkan sertifikat, piagam, medali, atau bukti prestasi lainnya. Harap kamu tidak salah persepsi lagi setelah mengetahui ini.

3. Antara Prestasi dan Beasiswa Harus Relevan

Kamu tidak boleh lupa untuk mencari beasiswa mana yang paling relevan dengan prestasi yang sudah kamu raih. Harus sinkron. Contohnya saja, kamu ingin mendaftar ke beasiswa jalur prestasi untuk masuk ke jurusan kuliah Biologi.

Sebab kamu memiliki minat dan kemampuan yang mumpuni di bidang tersebut. Bukan sekadar niat saja lho yang harus dimiliki. Kamu juga harus melampirkan bukti prestasi dalam bidang tersebut. Ingat, ya, antara minat dan beasiswa yang kamu incar harus relevan. Jangan sampai kamu sangat menyenangi biologi tapi jenis prestasi yang kamu lampirkan adalah menjadi salah satu peserta misi budaya ke Filipina.

4. Pastikan Kamu Aktif Mencari Informasi Beasiswa yang Tersedia

Meskipun beasiswa prestasi adalah salah satu bentuk penghargaan, tapi bukan berarti beasiswa akan selalu datang sendiri. Walau semasa sekolah kamu sudah mendulang banyak prestasi.

Kamu harus selalu bersikap proaktif dengan selalu mencari informasi dan kesempatan dari beasiswa yang sesuai dengan kemampuan kamu. Ada hampir 90% pelajar dan mahasiswa tidak berhasil mendapatkan kesempatan beasiswa mereka, sebab mereka tidak tahu harus memulai dari mana dan harus berbuat apa.

Gali informasi sebanyak-banyaknya demi mendapat informasi beasiswa berbagai jalur dan pastikan berdasarkan prestasi dan rencana studi kamu. Kamu bisa mencari infonya via Google dengan kata kunci relevan tentu saja.

5. Dapatkan Surat Rekomendasi

Surat rekomendasi ini juga dikenal dengan istilah letter of recommendation dan letter of reference merupakan sebuah surat yang berisi tentang pendapat atau kesaksian orang lain tentang diri kalian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3770 seconds (0.1#10.140)