Pengertian, Ciri, dan Contoh Teks Observasi

Sabtu, 29 Juli 2023 - 09:45 WIB
loading...
Pengertian, Ciri, dan Contoh Teks Observasi
Teks observasi secara sederhana adalah teks yang berisi pengamatan pada suatu objek. Teks ini memberikan informasi mengenai objek yang telah diamati. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pengertian, ciri, dan contoh teks observasi akan kita bahas kali ini. Teks observasi secara sederhana adalah teks yang berisi pengamatan pada suatu objek. Teks ini memberikan informasi mengenai objek yang telah diamati. Tujuan dari teks observasi adalah untuk menemukan metode baru dan memberikan solusi pada suatu permasalahan. Dirangkum dari sejumlah sumber, berikut ulasan mengenai teks observasi

Teks observasi sering digunakan dalam kegiatan laporan hasil pengamatan observasi. Teks ini hampir sama halnya dengan penelitian. Dimana seseorang harus mengamati, melihat, dan menuliskan laporan dari hasil pengamatannya. Mari kita simak lebih lanjut mengenai teks observasi.Berikut pengertian, ciri, dan contoh teks observasi

Pengertian, Ciri, dan Contoh Teks Observasi

Pengertian Teks Observasi

Observasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah peninjauan secara cermat. Teks observasi adalah hasil pengamatan terhadap suatu objek yang diteliti atau diamati. Teks ini secara sederhana merupakan karya yang ditulis untuk menjelaskan suatu objek yang telah diamati dan disusun secara sistematis berisi laporan yang sudah diteliti.

Tujuan teks ini adalah untuk memberikan solusi dari adanya sebuah permasalahan, memberikan informasi mengenai suatu perkembangan yang sedang berjalan, dan sebagai pertimbangan dalam mengambil keputusan.

Ciri Teks Observasi

1. Teks berisi informasi yang sifatnya objektif
2. Teks Hasil pengamatan disusun secara sistematis.
3. Data dalam teks yang digunakan berdasarkan fakta.
4. Kebenaran dalam teks dapat dipertanggungjawabkan.
5. Pengamatan dilakukan secara teliti dan cermat.

Contoh Teks observasi Singkat

1. Apel

Apel adalah jenis buah-buahan yang biasanya berwarna merah pada kulitnya jika sudah matang. Buah yang dihasilkan dari pohon apel juga terkadang berwarna hijau atau kuning. Kulit buah apel juga agak lembek dan memiliki tekstur daging yang keras.

Apel pertama kali ditanam di kawasan Asia Tengah, namun kini apel berkembang biak di banyak daerah di dunia yang suhu udaranya lebih dingin. Pohon apel memiliki nama ilmiah dalam bahasa latin yakni, Malus domestica.

Banyak sekali manfaat dari buah yang satu ini. Apel bermanfaat untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, baik untuk kesehatan otak, dapat menjaga imun tubuh, dan dapat mencegah penyakit jantung. Sangat banyak sekali manfaat dari buah apel yang rasanya juga manis ketika sudah matang.

2. Elang

Elang adalah salah satu jenis burung yang memangsa makhluk lain yang terdapat di seluruh Indonesia. Elang memangsa burung-burung yang lebih kecil atau pun hewan lainnya yang lebih kecil dari ukurannya. Terkadang elang juga memangsa hewan yang berukuran besar.

Elang merupakan hewan berdarah panas dan sayap yang diselubungi bulu pelepah pada sekujur tubuhnya. Indonesia memiki salah satu burung elang endemik yang hanya ada di Pulau Jawa. Elang jawa adalah salah satu spesies elang yang terancam punah.



Burung elang jarang sekali kita temukan, ia berada di kawasan yang masih asri belum tersentuh oleh manusia. Burung ini memasng sedikit menyeramkan, karena cakar dan paruh yang dimilikinya. Elang saat ini keberadaanya sudah jarang ditemui, terutama elang jawa. Maka dari itu kita harus mempertahankan dan menjaga habitat dari burung elang.

3. Bunga Matahari (H3)

Bunga matahari sangat indah dan cantik ketika mekar terkena sinar matahari. Bunga ini sering kali dijadikan bunga untuk menghiasi tanaman atau pekarangan pada rumah-rumah. Bunga matahari adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenirkiran (Asteraceae) yang populer.

Bunga matahari merupakan bunga musiman yang berasal dari Amerika Tropik bagian utara (Meksiko). Bunga ini memiliki tinggi 3 meter sampai 5 meter tergantung varietasnya. Bunga matahari memiliki daun tunggal yang lebar dan batang yang ditumbuhi rmabut kasar, serta tegak dan jarang bercabang.

Manfaat dari bunga matahari yang bis akita dapat adalah dapat mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan kesehatan otot, dapat mengontrol diabetes, dan mampu menjaga berat badan ideal. MG/Zulfa Zakariyya
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2082 seconds (0.1#10.140)