Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek 2023 Jenjang S1, S2 dan S3 Siap Dibuka, Ini Linknya

Selasa, 01 Agustus 2023 - 09:32 WIB
loading...
Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek 2023 Jenjang S1, S2 dan S3 Siap Dibuka, Ini Linknya
Bagi kamu yang sedang berburu beasiswa unggulan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) harus segera persiapkan diri. Foto/laman Kemendikbudristek
A A A
JAKARTA - Pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek 2023 siap dibuka. Jika kamu sedang berburu beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) jenjang pendidikan S1, S2 atau S3, kamu harus segera persiapkan diri. Sebab, pendaftaran Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek 2023 akan dibuka per 3 Agustus 2023.

Kalender Penting Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek 2023

Dalam situs resminya https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/, Kemendikbudristek memberikan informasi tentang jadwal pelaksanaan seleksi Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek 2023. Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan dalam program Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek 2023:

1. Aplikasi untuk Beasiswa Unggulan

Tanggal: 31 Juli hingga 14 Agustus 2023

2. Pemilihan Tahap I

Tanggal: 15 - 20 Agustus 2023

3. Pengumuman Hasil Penerimaan Gelombang Pertama

Tanggal : 22 Agustus 2023

4. Seleksi Tahap II

Tanggal : 4 - 12 September 2023

5. Pengumuman Hasil Penerimaan Gelombang Kedua

Tanggal : 18 September 2023

6. Pertukaran Teknis dan Penjelasan Penandatanganan Kontrak

Tanggal: 21 hingga 30 September 2023.


Sejumlah Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek 2023/2024

1.Beasiswa Masyarakat Berprestasi

Beasiswa ini diperuntukan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi pada jenjang pendidikan sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3) pada universitas terakreditasi B dengan program studi terakreditasi A. Beasiswa juga diberikan kepada masyarakat di tingkat internasional.

Berikut ini beberapa persyaratan umumnya:

• Diutamakan memiliki sertifikat prestasi akademik / non akademik tingkat internasional atau nasional
• Mendapatkan rekomendasi institusi
• Tidak menerima beasiswa sejenis
• Diterima PTN yang terakreditasi B atau Sangat Baik.

2.Beasiswa Pegawai Kemendikbudristek

Beasiswa Pegawai Kemendikbud adalah beasiswa yang diberikan kepada pegawai Kemendikbud yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang Magister (S2) atau Doktor (S3).

3.Beasiswa Penyandang Disabilitas

Pemerintah juga memberikan perhatian khusus kepada penyandang disabilitas, termasuk dalam hal memberikan kesempatan kepada mereka untuk mendapatkan Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2023/2024. Beasiswa dapat diikuti oleh mahasiswa yang telah menerima surat penerimaan dari universitas.

4.Beasiswa Mahasiswa Asing

Beasiswa Mahasiswa Asing ditujukan bagi mahasiswa Magister (S2) dan Doktor (S3) di Indonesia dan dapat berkomunikasi menggunakan bahasa Indonesia dalam bidang pendidikan Bahasa, Seni dan Budaya Indonesia.
5.Beasiswa Penelitian/Riset, Workshop dan Pelatihan

Beasiswa Penelitian, Workshop, Pelatihan dan Pendampingan Kinerja diberikan kepada peneliti, penulis, pencipta, seniman atau budayawan, jurnalis, olahragawan, tokoh dan PNS Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sesuai dengan kegiatan dan kreativitas yang dilakukan.

6.Beasiswa Unggulan 3T

Beasiswa 3T adalah singkatan dari tertinggal, terdepan dan terluar merupakan beasiswa yang diperuntukan bagi mereka yang berasal dari daerah tertinggal, terdepan dan terluar

Apa Saja yang Bisa Kamu Dapatkan dari Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek?

1. Biaya Pendidikan

Kamu tak perlu khawatir soal biaya pendidikan, karena Beasiswa Unggulan Kemendikbud akan menanggung seluruh biaya kuliahmu, baik itu UKT di PTN atau SPP di PTS. Ini artinya, kamu bisa fokus pada perkuliahan tanpa harus memikirkan urusan keuangan.

2. Biaya Hidup

Kamu juga berhak atas bantuan biaya hidup selama kuliah. Bayangkan, untuk jenjang S1, kamu bisa mendapatkan bantuan sebesar Rp1,4 juta per bulan. Ini tentu akan sangat membantu dalam menjalani kehidupan kuliah dengan lebih nyaman.

3. Biaya Buku

Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek juga memberikan dukungan untuk pengadaan buku selama kuliah. Meskipun tidak mencakup biaya penelitian, bantuan ini tentu akan sangat membantu dalam menunjang proses belajar mengajarmu.

Beasiswa Unggulan Adalah Program Bantuan Pendidikan

Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2023 merupakan program bantuan pendidikan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Program ini ditujukan bagi para mahasiswa dalam negeri yang berprestasi dan berpotensi yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi di dalam dan luar negeri pada jenjang sarjana, pascasarjana, dan doktoral.

Persiapkan diri dan kelengkapan administrasimu agar bisa segera mendaftar sebagai penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbudristek 2023. Untuk informasi lebih lanjut tentang pendaftaran, silakan kunjungi laman resminya di : https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4469 seconds (0.1#10.140)