4 Menteri Kabinet Indonesia Maju Lulusan Akademi TNI Polri, Mayoritas Berpangkat Jenderal

Rabu, 02 Agustus 2023 - 07:56 WIB
loading...
4 Menteri Kabinet Indonesia Maju Lulusan Akademi TNI Polri, Mayoritas Berpangkat Jenderal
Deretan menteri di Kabinet Indonesia Maju yang berasal dari lulusan akademi TNI Polri. Foto/Istimewa.
A A A
JAKARTA - Terdapat sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju yang ternyata jebolan dari Akademi TNI dan Polri. Sebagian besar di antaranya berpangkat jenderal atau bintang empat.

Menteri Indonesia Maju merupakan kabinet pemerintahan yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin untuk periode 2019-2024. Kabinet ini terdiri dari 4 menteri koordinator dan 30 menteri bidang yang berasal dari kalangan profesional.

Tidak hanya berasal dari kader partai politik Indonesia. Beberapa di antaranya ternyata berasal dari golongan akademi TNI dan Polri.

Melansir dari laman presindenri, berikut ini adalah empat Menteri Indonesia Kabinet Indonesia Maju yang berasal dari Akademi TNI dan Polri.

Baca juga: ITS Resmi Buka Seleksi Mahasiswa Baru Kedokteran, Tanpa Tes Tulis

4 Menteri Kabinet Indonesia Maju Lulusan Akademi TNI Polri

1. Prabowo Subianto


Letnan Jenderal TNI (Purn.) Prabowo Subianto merupakan seorang politisi, pengusaha dan mantan perwira tinggi militer Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Pria yang lahir pada 17 Oktober 1971 ini pensiun dari militer dengan pangkat Letnan Jenderal TNI atau bintang tiga.
4 Menteri Kabinet Indonesia Maju Lulusan Akademi TNI Polri, Mayoritas Berpangkat Jenderal

Prabowo Subianto. Foto/SINDOnews.

Prabowo menempuh pendidikan dan jenjang karier militer selama 28 tahun sebelum berkecimpung dalam dunia bisnis, politik dan pemerintahan. Ia lulus dari Akademi Militer di Magelang pada tahun 1974 dan bergabung dengan Kopassus, pasukan khusus TNI Angkatan Darat.

Dalam riwayatnya, ia pernah terlibat dalam berbagai operasi militer, seperti Operasi Seroja di Timor Timur, Operasi Pembebasan Sandera Mapenduma di Papua, dan krisis politik tahun 1998 yang mengakhiri era Orde Baru.

2. Luhut Binsar Pandjaitan


Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Luhut Binsar Pandjaitan merupakan mantan jenderal bintang empat TNI Angkatan Darat yang saat ini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi. Jabatan tersebut mulai diembannya sejak 27 Juli 2016.
4 Menteri Kabinet Indonesia Maju Lulusan Akademi TNI Polri, Mayoritas Berpangkat Jenderal

Luhut Binsar Pandjaitan. Foto/Istimewa

Jenderal asal Sumatra Utara ini merupakan lulusan terbaik dari AKABRI pada angkatan tahun 1970 dengan mendapatkan penghargaan Adhi Makayasa. Sejak saat itu, dirinya kerap menduduki posisi penting, seperti Komandan Pusat Kesenjataan Infanteri (Pussenif), dan Komandan Pendidikan dan Latihan (Kodiklat) TNI AD.

Baca juga: Jurusan Kuliah 5 Menteri Pendidikan RI Terakhir, Rata-Rata Alumni Kampus Top

3. Hadi Tjahjanto


Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto merupakan seorang politisi dan mantan perwira militer Indonesia yang saat ini menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang sejak 15 Juni 2022. Dalam riwayatnya Ia lahir pada 8 November 1963 di Malang, Jawa Timur.

Hadi menyelesaikan pendidikan di Akademi Angkatan Udara pada tahun 1986 dan Sekolah Penerbang TNI AU pada tahun 1987. Melihat jejak kariernya, ia memulai kariernya sebagai Perwira Penerbang Skadron Udara 4 Pangkalan Udara Abdul Rachman Saleh (1986-1993).
4 Menteri Kabinet Indonesia Maju Lulusan Akademi TNI Polri, Mayoritas Berpangkat Jenderal

Hadi Tjahjanto. Foto/MNC Media.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1980 seconds (0.1#10.140)