9 Kampus Swasta Favorit di Kota Bandung, Jurusannya Keren-Keren Euy

Rabu, 02 Agustus 2023 - 10:37 WIB
loading...
9 Kampus Swasta Favorit di Kota Bandung, Jurusannya Keren-Keren Euy
Universitas Pasundan (Unpas) Bandung yang saat ini memiliki enam fakultas merupakan salah satu kampus swasta populer di Kota Bandung. Foto/laman Unpas
A A A
JAKARTA - Ini deretan universitas swasta yang direkomendasikan bagi calon mahasiswa. Kota Bandung tidak hanya dikenal karena tempat wisatanya namun juga memiliki segudang lembaga pendidikan tinggi swasta terbaik.

Sebagai ibu kota Provinsi Jawa Barat dan menyandang sebagai pusat ekonomi utama wilayah Pasundan, Kota Bandung memiliki banyak kampus swasta primadona bagi calon mahasiswa. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 9 universitas swasta yang sangat direkomendasikan untuk calon mahasiswa baru.

Daftar 9 Perguruan Tinggi Swasta Populer di Bandung

1.Universitas Telkom (Tel-U)

Yayasan Pendidikan Telkom bertanggung jawab dalam pengelolaan Universitas Telkom atau dikenal juga sebagai Telkom University. Perguruan tinggi swasta ini bermula dari pendirian Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Telkom pada tahun 1990.

Seiring berjalannya waktu, STT Telkom mengubah namanya menjadi Telkom University (Tel-U) pada tahun 2021. Saat ini, Telkom University memiliki tujuh fakultas yang berbeda.Fakultas-fakultas tersebut meliputi Fakultas Teknik Elektro, Fakultas Rekayasa Industri, Fakultas Informatika, Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Selain itu, terdapat juga Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Fakultas Industri Kreatif, serta Fakultas Ilmu Terapan.

Kampus utama Universitas Telkom terletak di Jalan Telekomunikasi 1, Terusan Buahbatu-Bojongsoang, Kelurahan Sukapura, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung. Selain itu, Telkom University juga telah membuka kampus di Jakarta.

2.Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung

Itenas Bandung merupakan sebuah perguruan tinggi swasta yang didirikan dan dikelola oleh Yayasan Pendidikan Dayang Sumbi. Awalnya, Itenas terdiri dari beberapa jurusan, antara lain Arsitektur, Sipil, Elektro, dan Teknik. Pada tahun 1984, Itenas mengalami perubahan nama menjadi Itenas.

Sejak itu, Itenas terus mengalami perkembangan menjadi salah satu perguruan tinggi terkemuka baik di tingkat nasional maupun internasional. Pada tahun 2019, Itenas masuk dalam daftar 100 perguruan tinggi terbaik nonvokasi nasional dan menduduki peringkat ke-70 berdasarkan klasterisasi kinerja perguruan tinggi oleh Kemenristekdikti.



Baru-baru ini, Itenas kembali menjadi perbincangan setelah alumni dan dosen luar biasa Itenas, Aulia Akbar, berhasil menjadi juara dalam desain logo Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Desain logo berupa gambar pohon hayati yang dirancang oleh Aulia Akbar dan timnya dipilih oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai logo resmi IKN Nusantara.Kampus Itenas terletak di Jalan PHH Mustofa Nomor 23, Kelurahan Neglasari, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

3.Universitas Pasundan (Unpas)

Unpas adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang didirikan dan dijalankan oleh Yayasan Pendidikan Tinggi (YPT) Pasundan di bawah naungan Paguyuban Pasundan.Unpas Bandung memiliki enam fakultas S1 yang menawarkan berbagai program studi.

Fakultas tersebut meliputi Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Fakultas Ilmu Seni dan Sastra, serta Fakultas Kedokteran.Selain itu, Unpas Bandung juga menyelenggarakan program pascasarjana (S2) dan program doktoral (S3). Universitas ini juga menawarkan pendidikan program profesi untuk guru dan dokter.

Kampus utama Unpas terletak di Jalan Tamansari, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Namun, Unpas juga memiliki kampus lain yang terletak di Jalan Setiabudi, Kelurahan Gegerkalong, Kecamatan Sukasari, serta Jalan Lengkong Besar, Kelurahan Cikawao, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung.

4.Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (ULBI) Bandung

ULBI adalah perguruan tinggi swasta yang beroperasi di bawah pengawasan Yayasan Pendidikan Bhakti Pos Indonesia (YPBPI). Sebelumnya dikenal sebagai POLTEKPOS, institusi ini mengalami perubahan menjadi ULBI.

Lokasi kampus ULBI terletak di Jalan Sariasih, Nomor 54, Kelurahan Sarijadi, Kecamatan Sukasari, Kota Bandung. ULBI memiliki Fakultas Sekolah Vokasi yang menawarkan program Ahli Madya dan Sarjana Terapan.Di Sekolah Vokasi ULBI, terdapat beberapa program studi yang ditawarkan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)