Ornamen Header
Tingkatkan Mutu Pembelajaran, Universitas dan SMA di Bandung Bersinergi
Tingkatkan Mutu Pembelajaran, Universitas dan SMA di Bandung Bersinergi
ARS University dan SMA 19 Bandung melakukan sinergi mereka belajar untuk meningkatkan mutu pembelajaran. Foto/Arif Budianto
BANDUNG - Lembaga pendidikan universitas dan pendidikan menengah atas (SMA) melakukan sinergi untuk mewujudkan kampus merdeka belajar . Sinergi dua strata pendidikan berbeda ini diharapkan dapat meningkatkan mutu pembelajaran dua belah pihak.

Sinergi kampus merdeka belajar diantaranya dilakukan oleh SMA 19 Kota Bandung dengan ARS University . Kedua belah pihak bersepakat melakukan kerja sama pendidikan untuk peningkatan kualitas pendidikan di masing masing lembaganya.

Baca juga: Ingin Daftar UTBK-SBMPTN, Registrasi Akun LTMPT Tahap 2 Sudah Dibuka

"Ini adalah sinergi positif yang akan berdampak baik pada implementasi program merdeka belajar antara universitas dan pendidikan menengah atas," kata Rektor ARS University Prof Purwadhi, dalam keterangan resminya, Minggu (28/2/2021).

Menurut dia, saat ini Perguruan Tinggi sedang berupaya maksimal dalam mengimplementasikan Kampus Merdeka. Hal ini sesuai arahan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di mana, kampus diarahkan menetapkan kampus merdeka. Kampus yang mengarahkan kemandirian bagi mahasiswanya.



Menurut dia, kerjasama yang dilakukan saat ini diharapkan akan memberi manfaat yang baik untuk Perguruan Tinggi maupun untuk sekolah. “Bertukar pengalaman antar mahasiswa di kampus kami dan siswa di SMAN 19 Bandung tentunya menjadi hal baru yang menarik," imbuh dia.

Baca juga: Mendikbud Umumkan Kebijakan Bantuan Kuota Data Internet Siang Ini

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 19 Bandung Enok Nurjanah, M.Pd.I mengatakan, kerja sama ini adalah sarana untuk mengimplementasikan Merdeka Belajar bagi siswa. Siswa dapat mendapatkan pengalaman dalam mengimplementasikan merdeka belajar.

"Karena dengan adanya pembelajaran jarak jauh, kami khawatir siswa akan merasakan kejenuhan, tapi dengan adanya Merdeka Belajar ini dan dengan bantuan dari ARS University kami dapat mengasah kemampuan lain yang mereka miliki diluar dari pembelajaran formal seperti umumnya," kata dia.

Selain itu, pada penjajakan kerja sama tersebut, pihaknya juga memberikan program beasiswa kepada siswa SMA 19 Bandung.
(mpw)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!