5 Langkah Menulis Teks Biografi, Lengkap dengan Penjelasan dan Struktur

Rabu, 02 Agustus 2023 - 18:02 WIB
loading...
5 Langkah Menulis Teks Biografi, Lengkap dengan Penjelasan dan Struktur
Bagaimana menulis teks biografi, penjelasan, hingga strukturnya. Foto/Freepik/Nakaridore.
A A A
JAKARTA - Teks bacaan yang menceritakan kembali kisah hidup tokoh-tokoh ternama, seperti Ir. Soekarno, B.J. Habibie, atau tokoh-tokoh lainnya adalah teks biografi . Berikut ini adalah pengertian, struktur, dan langkah menulis teks biografi.

Teks biografi memiliki struktur serta unsur ciri kebahasaan tertentu yang menjadi ciri khas teks biografi.

Pengertian Teks Biografi


Teks biografi adalah narasi yang memaparkan perjalanan hidup seorang tokoh. Isi teks ini ditujukan untuk menginspirasi banyak orang dan ditulis oleh pihak lain yang ingin menyajikan kisah inspiratif mengenai tokoh tersebut.

Biografi mencakup pengalaman hidup, permasalahan yang dihadapi, serta kelebihan-kelebihan yang dapat memberikan inspirasi.

Biasanya, biografi mencakup sejarah hidup tokoh mulai dari kelahirannya hingga saat ini, bahkan setelah tokoh tersebut meninggal dunia. Tokoh-tokoh yang sering diabadikan dalam biografi adalah orang-orang terkenal, sukses, dan berpengaruh di masyarakat, seperti pahlawan, negarawan, penemu, pengusaha, sastrawan, dan lain sebagainya.

Selain biografi, ada juga teks autobiografi. Autobiografi adalah narasi yang berisi kisah hidup seseorang, tapi yang menulisnya adalah tokoh itu sendiri.

Baca juga: Seru dan Inspiratif, Ini 6 Rekomendasi Podcast untuk Memperluas Wawasan

Jadi, perbedaan utamanya terletak pada penulisnya. Biografi ditulis oleh pihak lain, sementara autobiografi ditulis oleh tokoh yang bersangkutan.

Struktur Teks Biografi


Struktur teks biografi terbagi dalam 3 bagian, yaitu orientasi, kejadian, dan reorientasi. Simak penjelasan di bawah.

1. Orientasi


Bagian awal dari teks biografi disebut sebagai orientasi. Di bagian ini, pembaca diperkenalkan pada tokoh yang menjadi fokus cerita serta latar belakang peristiwa atau kisah yang akan diuraikan lebih lanjut dalam teks selanjutnya.

Tujuan utama dari orientasi adalah memberikan informasi dasar kepada pembaca sehingga mereka lebih mudah memahami konteks peristiwa yang akan diceritakan.

2. Kejadian

Selanjutnya, terdapat bagian yang disebut kejadian atau peristiwa penting. Bagian ini berfokus pada rangkaian peristiwa yang merupakan kejadian-kejadian utama yang dialami oleh tokoh.

Penyusunan bagian ini dilakukan secara kronologis mengikuti urutan waktu peristiwa tersebut terjadi. Terkadang, penulis juga memberikan beberapa komentar pada bagian-bagian tertentu dalam kronologi peristiwa untuk memberikan penjelasan atau pemahaman lebih.

Bagian peristiwa penting ini menjadi inti dari teks biografi karena di sinilah pembaca dapat mengambil hikmah dan teladan dari kisah hidup sang tokoh.

Baca juga: Mengenal Pengertian dan Perbedaan Teks Fiksi dan Nonfiksi

3. Reorientasi


Pada bagian akhir, terdapat reorientasi yang berfungsi sebagai penutup dalam teks biografi. Bagian ini berisi komentar atau simpulan mengenai rangkaian peristiwa yang telah diceritakan sebelumnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0742 seconds (0.1#10.140)