14 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Orang Pendiam, Prodi Apa Saja?

Kamis, 03 Agustus 2023 - 10:32 WIB
loading...
14 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Orang Pendiam, Prodi Apa Saja?
Jurusan Akuntansi menjadi salah satu jurusan yang dinilai cocok untuk orang introvert atau pendiam. Profesi akuntan dianggap lebih butuh ketelitian dibanding keahlian komunikasi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 14 jurusan kuliah yang cocok untuk orang yang memiliki sifat introvert atau pendiam. Sebagian di antara kamu mungkin ada yang lebih senang berdiam dan menyendiri dalam mengerjakan sesuatu.

Walaupun hal tersebut mungkin sekilas tampak seperti kekurangan, tetapi sebenarnya introvert seperti kamu juga memiliki banyak kelebihan yang justru sangat bermanfaat jika diarahkan pada bidang yang tepat, salah satunya kejelian dalam memilih studi di perguruan tinggi. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 14 jurusan kuliah yang cocok bagi orang dengan sifat pendiam dan pemalu.

Daftar 14 Jurusan Kuliah yang Cocok untuk Orang Pendiam

1. Jurusan Akuntansi

Jurusan akuntansi mempelajari metode pencatatan dan penyusunan transaksi keuangan sehingga akan membutuhkan ketelitian dibandingkan keterampilan komunikasi.

Oleh karena itu, jurusan ini menjadi salah satu jurusan yang cocok orang pemalu serta pendiam, terutama wanita. Namun, jurusan untuk introvert ini akan sangat berkaitan dengan perhitungan dan angka, oleh karena itu pastikan kamu juga cukup baik dalam hal tersebut ya.

2. Jurusan Desain Grafis


Jika kamu mengambil jurusan desain grafis, kamu akan lebih banyak menghabiskan waktu di depan komputer dan berkonsentrasi. Ini akan cocok bagi kamu yang juga tidak ingin banyak berbicara dan fokus berkarya.

3. Jurusan Bahasa Asing


Jurusan bahasa Asing memang identik dengan komunikasi dan percakapan, tetapi nggak melulu demikian. Kamu juga akan banyak menghabiskan waktu dengan mempelajari teori, karena sesungguhnya yang dipelajari di jurusan bahasa asing di tingkat S1 akan berfokus pada konsep dan teori.


Setelah lulus, kamu dapat memilih pekerjaan sebagai penerjemah yang akan menghabiskan banyak waktu menerjemahkan teks-teks daripada berbicara. Bahasa asing sendiri merupakan salah satu jurusan kuliah IPS untuk wanita introvert terbaik.

4. Jurusan Radiologi


Apakah kamu pernah melakukan rontgen? Jika pernah, maka orang-orang yang mengoperasikan alat-alat di ruang periksa tersebut adalah orang-orang yang dulunya bersekolah di jurusan radiologi. Jurusan yang cocok untuk introvert ini termasuk studi terapan yang umumnya berada di jenjang diploma.

Nah, jika kamu mengambil jurusan kuliah ini kamu akan menghabiskan waktumu di laboratorium dan berinteraksi dengan alat-alat dibandingkan dengan orang lain, karenanya sifat pendiam dan pemalu dirimu tidak akan menjadi kekurangan yang menonjol.

5. Jurusan Teknik Informatika


Teknik informatika termasuk jurusan yang cocok untuk introvert serta hingga kini masih banyak dicari di Indonesia tenaga kerjanya. Umumnya, jurusan kuliah ini lebih banyak diminati laki-laki introvert, tetapi juga tidak ada salahnya jika perempuan tertarik untuk mempelajari mengenai teknik informatika.

6. Jurusan Ilmu Perpustakaan


Ilmu perpustakaan juga jadi salah satu jurusan kuliah yang cocok untuk orang pendiam yang suka membaca, teliti, serta tidak masalah dengan mengurus pengarsipan. Jurusan ilmu perpustakaan mempelajari informasi teknologi, manajemen serta pengumpulan dan penyimpanan data (pengarsipan).Jika kamu mengambil jurusan ini, maka kamu akan lebih banyak bekerja.

7. Jurusan Farmasi


Saat kuliah di jurusan farmasi, waktumu akan banyak dihabiskan dengan memperhatikan teori atau di laboratorium. Sehingga, bidang studi ini cocok untuk kamu introvert yang pendiam. Kamu akan belajar bagaimana meracik, membuat formula, mencampur, mengidentifikasi, mengkombinasi, serta menganalisis obat-obatan.

8. Jurusan MIPA


Jurusan-jurusan yang berada di fakultas MIPA juga termasuk jurusan kuliah yang cocok untuk orang pendiam. Jika kamu berkuliah di jurusan matematika, kemampuanmu membuat perhitungan serta mengurai perumusan adalah keahlian yang paling diutamakan.

9. Jurusan Arsitektur


Mungkin jurusan arsitektur cocok juga buat kamu, seorang pendiam dan juga pemalu. Bidang studi ini mempelajari tentang cara merancang sebuah bangunan seperti rumah hingga gedung pencakar langit dan segala aspek di dalamnya.



Selama kuliah arsitektur kamu akan belajar mengenai merancang tampilan, tata letak ruangan sebuah bangunan, menentukan apa saja bahan yang akan dipakai dalam membangun, hingga memikirkan fitur apa saja yang terkait.

10. Jurusan Sastra


Ilmu kesusastraan bisa jadi merupakan jurusan kuliah yang cocok untuk orang introvert pendiam seperti kamu. Pasalnya dalam berkuliah nantinya kamu akan selalu dihadapakan dengan kegiatan membaca, menciptakan karya tulis, mengamati, dan pengembangan mandiri.

Jadi saat berkuliah nanti kamu nggak perlu sering berbicara dengan orang lain, karena akan berfokus pada menulis buku ataupun mengembangkannya. Untuk kamu yang merupakan seorang pendiam dan pemalu, tapi gemar menulis juga sulit berhitung, maka bisa dipastikan kalau jurusan sastra cocok buatmu!

11. Jurusan Digital Marketing


Di zaman serba modern ini sangat banyak sekali dibutuhkan ahli media iklan berbasis internet. Maka dari itu, lahirlah jurusan digital marketing yang sangat cocok bagi orang pendiam dan pemalu. Hal ini karena kamu tidak perlu berbicara dalam mempromosikan produk secara langsung, tetapi cukup melalui internet.

12. Jurusan Musik

Bagi seorang pemalu atau pendiam yang jago memainkan alat musik, jurusan satu ini pasti sangat cocok! Prospek kerja dari bidang studi ini juga sangat luas dan terbuka lebar dengan sedikit persaingan karena jarang diminati.

13. Jurusan Jurnalisme


Berbeda dengan wartawan media konvensional zaman dahulu, seorang jurnalis, terutama yang bekerja sebagai jurnalis online, tidak akan memiliki terlalu banyak penugasan lapangan dan berkesempatan kecil unntuk berkomunikasi dengan masyarakat.

Pasalnya, selama nanti berkuliah di bidang jurnalisme kamu akan belajar mengenai mengumpulkan informasi, kemudian menulisnya agar dapat dipublikasikan ke media elektronik. Jadi jurusan jurnalisme juga termasuk sebagai salah satu jurusan yang cocok untuk seorang pendiam juga pemalu.

14. Jurusan Teknologi Pangan


Rekomendasi terakhir jurusan kuliah yang cocok untuk orang pendiam ini mungkin agak terdengar asing di telinga. Selama kuliah jurusan teknologi pangan, kamu akan mempelajari komponen fisik, biologis, maupun kimiawi makanan. Nggak berhenti di situ, kamu pun akan belajar juga mengenai proses pengolahan bahan pangan mentah setelah panen.

Terdengar kurang menarik? Jangan salah sangka. Nyatanya teknologi pangan punya segudang prospek kerja menjanjikan juga. Jurusan kuliah yang cocok untuk pendiam ini banyak sekali dibutuhkan berbagai industri, terutama perusahaan Food and Beverage.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)