18 Peluang Kerja Menarik Alumni Jurusan Sosiologi, Banyak Banget

Selasa, 08 Agustus 2023 - 09:09 WIB
loading...
18 Peluang Kerja Menarik Alumni Jurusan Sosiologi, Banyak Banget
Profesi Market Research Analyst menjadi salah satu peluang kerja menjanjikan lulusan Sosiologi. Profesi ini menjadi penasehat bagi top manajemen untuk mengambil keputusan.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini deretan peluang kerja menjanjikan lulusan Jurusan Sosiologi. Apakah kamu tertarik untuk memahami interaksi sosial yang terjadi di tengah masyarakat? Jika iya, masuk menjadi mahasiswa dari jurusan Sosiologi bisa menjadi pilihan tepat.

Mungkin nantinya muncul pertanyaan, bagaimana masa depan lulusan Sosiologi? Apakah menjanjikan? Untuk menjawab hal itu, simak penjelasan seputar jurusan Sosiologi pada artikel di bawah ini.

Prospek Kerja Sarjana Lulusan Jurusan Sosiologi

Pada dasarnya, ilmu yang kamu dapatkan selama berada di jurusan Sosiologi sifatnya lebih mengarah ke aplikatif. Artinya, kamu bisa bekerja dalam banyak bidang sesuai dengan minat yang kamu miliki secara mendalam.

Kamu bisa memilih untuk aktif dalam menjalankan program pengembangan serta pemberdayaan masyarakat atau terjun dalam dunia pendidikan. Berkaitan dengan gaji, biasanya angka yang didapatkan tergantung pada pengalaman, tempat bekerja, serta kemampuan yang dimiliki.

18 Peluang Kerja Bagi Lulusan Jurusan Sosiologi

1. Blogger
2. Peneliti Survei
3. Market Research Analyst
4. Pekerja Sosial
5. Sosiolog
6. Dosen
7. Juru Arsip
8. Teknisi Museum dan Konservator
9. Pemandu Wisata
10. Jurnalis
11. Event Organizer
12. Aktivis
13. Penulis
14. Lembaga Pemerintahan
15. Public Relation (PR)
16. Media Planner
17. Human Resource
18. Konselor


Alasan Mengapa Penting untuk Memilih Jurusan Sosiologi

1.Penting Mempelajari Interaksi Manusia untuk Bergaul


Apakah kamu memiliki begitu banyak pertanyaan yang berkaitan dengan sikap manusia dan hubungannya dengan tatanan masyarakat? Apakah kejadian dan permasalahan sosial yang kamu temui sehari-hari membuatmu ingin membongkarnya agar bisa memahami secara lebih mendalam?

Jika jawabanmu iya, maka pilihan untuk masuk jurusan Sosiologi bisa menjadi hal tepat untuk dilakukan. Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang senang mempelajari segala hal tentang interaksi manusia di tengah masyarakat.

2. Prospek Kerja Terbuka Luas


Ada banyak alasan mengapa memilih jurusan Sosiologi bisa dijadikan sebagai sebuah pertimbangan untuk menjalankan kuliah nanti. Selain karena kamu memiliki minat dalam bidang ini, perlu juga untuk mempertimbangkan prospek kerja yang dimiliki ke depannya.

Para lulusan dari jurusan ini tidak perlu untuk takut maupun memiliki kekhawatiran terhadap sulitnya mendapatkan pekerjaan. Sosiologi masih memiliki hubungan yang cukup erat dengan ilmu lainnya, seperti hukum, filsafat, maupun juga sastra sehingga kesempatan kerja terbuka dengan cukup lebar.

3. Kemampuan Adaptasi dan Bersikap Kritis


Salah satu alasan lain mengapa penting untuk kamu mengambil jurusan Sosiologi yaitu berkaitan dengan keahlian yang didapatkan selama masa perkuliahan. Kamu akan dilatih untuk bisa memahami fenomena sosial yang terjadi di sekitar dan bagaimana cara menganalisisnya dengan objektif.



Hal ini akan membantu kamu untuk bisa menjadi seorang pekerja sosial dengan lebih baik.Di sisi lain, materi tersebut juga akan membantu kamu untuk lebih mudah dalam beradaptasi karena kamu akan banyak bertemu dengan orang ketika menjalankan penelitian.

4. Sikap Analitis dan Kritis Banyak Dibutuhkan Perusahaan Besar


Masuk ke dalam jurusan Sosiologi akan membantu kamu menjadi lebih kritis dalam mengkaji berbagai fenomena sosial serta membuat wawasan menjadi tambah luas. Bahkan, kamu juga bisa bergabung dengan organisasi nirlaba yang memiliki fokus terhadap pembangunan dan pengembangan masyarakat.

Bagi kamu yang memiliki cita-cita untuk bekerja di perusahaan tidak perlu khawatir. Segala kemampuan yang dipelajari dalam jurusan ini akan membantu kamu dengan mudah masuk ke dalamnya sebagai divisi corporate social responsibility

Mengenal Apa Itu Jurusan Sosiologi

1. Pada dasarnya, mahasiswa dari jurusan Sosiologi akan mempelajari mengenai interaksi masyarakat serta pengaruh yang dimilikinya terhadap struktur sosial yang ada.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1164 seconds (0.1#10.140)