Apa Perbedaan Gelar S.Kom. dengan S.I.Kom.? Simak Jawabannya di Sini

Kamis, 10 Agustus 2023 - 10:30 WIB
loading...
Apa Perbedaan Gelar S.Kom. dengan S.I.Kom.? Simak Jawabannya di Sini
Gelar S.Kom. dengan S.I.Kom terlihat mirip, namun bidang yang dipelajari sangat jauh berbeda. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Perbedaan gelar S.Kom. dengan S.I.Kom sering menjadi pertanyaan calon mahasiswa baru. Kedua gelar tersebut memang terlihat mirip, namun bidangnya sangat jauh berbeda.

Ada perbedaan signifikan dalam cakupan materi dan fokus utama dari gelar S.Kom. dengan S.I.Kom.

Berikut ulasan mengenai perbedaan gelar S.Kom. dengan S.I.Kom. yang perlu Anda ketahui.

Perbedaan Gelar S.Kom. dengan S.I.Kom.

1. Gelar S.Kom. (Sarjana Komputer)

Gelar S.Kom. diberikan kepada lulusan program studi yang berfokus pada ilmu komputer dan teknologi informasi.

Program studi S.Kom. umumnya memberikan pemahaman mendalam tentang berbagai aspek teknologi komputer, termasuk pemrograman, algoritma, struktur data, basis data, jaringan komputer, keamanan siber dan pengembangan perangkat lunak.



Mahasiswa Sarjana Komputer akan diajarkan keterampilan teknis yang kuat dalam pengembangan dan pemeliharaan sistem komputer, serta kemampuan untuk mengatasi masalah kompleks dalam dunia teknologi.

Mata kuliah yang umumnya diajarkan dalam program S.Kom. meliputi pemrograman (Seperti Java,Python,C++), rekayasa perangkat lunak, analisis dan desain sistem, keamanan jaringan, kecerdasan buatan dan robotika.

Lulusan S.Kom. biasanya memiliki peluang karier yang luas, termasuk menjadi pengembang perangkat lunak, insinyur jaringan, analis keamanan siber, ilmuwan data dan software engineer.

2. Gelar S.I.Kom. (Sarjana Ilmu Komunikasi)

Gelar S.I.Kom. diberikan kepada lulusan program studi yang lebih berfokus pada aspek komunikasi dan hubungan masyarakat dalam era teknologi informasi.

Jurusan ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman tentang komunikasi verbal dan nonverbal, teori komunikasi, media massa, komunikasi organisasi, public relations dan strategi komunikasi digital.

Mata kuliah program Sarjana Ilmu Komunikasi mencakup teori komunikasi, etika komunikasi, jurnalisme, produksi media, komunikasi pemasaran, manajemen media sosial, dan analisis media.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1363 seconds (0.1#10.140)