15 Kampus dengan Jurusan Seni dan Entertainment Populer di Indonesia, Karier Sineas Menanti

Minggu, 13 Agustus 2023 - 13:22 WIB
loading...
15 Kampus dengan Jurusan Seni dan Entertainment Populer di Indonesia, Karier Sineas Menanti
International Design School (IDS) adalah satu kampus jurusan seni dan entertaiment terdepan di Indonesia. Kuliah di International Design School banyak mempelajari dunia film. Foto/laman IDS
A A A
JAKARTA - Ini kampus dengan jurusan seni dan entertainment management favorit di Idonesia. Ingin belajar di jurusan kuliah entertainment? Jurusan ini memang cukup popular di kalangan beberapa orang. Bagi orang yang menyukai dunia seni, nama jurusan atau prodi ini sebenarnya sudah tidak asing. Selain itu, ada kebanggan tersendiri jika bisa masuk ke jurusan tersebut.

Di Indonesia tidak banyak perguruan tinggi membuka jurusan Entertainment Management. Hanya ada beberapa perguruan tinggi dengan status institute atau sekolah tinggi saja yang menyediakannya. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 15 kampus dengan jurusan seni dan entertaiment management populer di Indonesia

Daftar Kampus dengan Jurusan Kuliah Seni dan Entertainment Paling Favorit

1. Institut Seni Jakarta


Salah satu jurusan kuliah entertainment terbaik ada di Institut Seni Jakarta. Di sini, kamu bisa menempuh pendidikan untuk mendalami seni perfilman.Bahkan, setiap orang akan diajarkan mengenai beberapa komponen penting dalam film. Fotografi hingga cara bersosialisasi juga diajarkan kepada mahasiswanya.

Tempat ini memang sangat cocok untuk kamu yang ingin terjun dalam dunia perfilman. Setiap orang akan diajarkan bagaimana menjadi seorang actor professional. Institut Seni Jakarta juga telah melahirkan nama-nama besar dalam industri film. Salah satu yang paling terkenal adalah Hanung Bramantio.

2. Institut Seni Indonesia Yogyakarta

Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta juga memiliki jurusan kuliah entertainment terbaik. ISI Yogyakarta sebenarnya lebih terkenal dengan seni rupa. Namun, di sini juga diajarkan mengenai perfilman. Kamu bisa mendaftar di Fakultas Seni Media Rekam serta memilih jurusan Film dan Televisi.

3. Universitas Bina Nusantara

Binus merupakan perguruan tinggi swasta yang cukup terkenal. Menariknya, Binus juga memiliki jurusan kuliah entertainment. Bahkan, jurusan perfilman di Binus sudah memiliki akreditasi A dari BAN-PT sejak 2010. Sama seperti perguruan tinggi lainnya, Binus juga akan mengajarkan mengenai teknis dalam dunia film. Setiap mahasiswa akan diajarkan mengenai film melalui beberapa mata kuliah.Jika kamu masuk ke Binus nantinya, setidaknya akan diajarkan mata kuliah Cinema dan Social Studies, Indonesian Language, hingga Film Literacy.

4. Institut Seni Indonesia Surakarta


ISI Surakarta juga terkenal dengan seni peran. Kamu bisa masuk ke Fakultas Seni Rupa dan Desain serta memilih prodi Film dan Televisi. Apa yang menarik dari ISI Surakarta adalah terletak di kawasan Keraton Mangkunegaran. Hal ini membuat lokasi kampus dekat dengan beberapa objek pariwisata. Di sisi lain, kebutuhan mengenai dunia film Indonesia juga meningkat. Dibutuhkan beberapa talenta baru untuk mengisi kekurangan tersebut.

Baca juga: 9 Kampus dengan Jurusan Seni Favorit di Indonesia, Gudangnya Para Seniman

5. Universitas Padjajaran

Meskipun Universitas Padjajaran bukan sebuah perguruan tinggi seni, tetapi Unpad juga menyediakan jurusan perfilman. Ini tentu saja menjadi hal yang menarik. Kamu bisa memilih prodi Studi Televisi dan Film di Fakultas Ilmu Komunikasi jika ingin menekuni dunia entertainment. Akreditasi di sini juga sudah B dari BAN-PT.

6. Institut Seni dan Budaya Indonesia Bandung


Institut Seni dan Budaya Indonesia Bandung atau ISBI Bandung juga terkenal dengan jurusan filmnya. Ada banyak hal menarik jika menempuh pendidikan di sini. Perlu dipahami bahwa saat ini jurusan kuliah entertainment belum diminati secara meluas seperti jurusan lain. Namun, dunia entertainment selalu menarik perhatian

Apalagi, permintaan di dunia entertainment terus meningkat. Kompetensi dan kemampuan kognitif dari mahasiswa akan diuji selama masa perkuliahan. Untuk mendapatkan materi mengenai film, kamu bisa memilih prodi Studi Film dan Televisi di Fakultas Budaya dan Media.

7. Universitas Pendidikan Indonesia


Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) ternyata juga menyediakan jurusan kuliah entertainment. UPI merupakan salah satu perguruan tinggi ternama di Indonesia. Ada banyak materi yang akan dipelajari oleh setiap mahasiswa. Pengetahuan dasar mengenai film sudah pasti akan diajarkan. Ada beberapa materi lain seperti manajemen produksi, pengambilan gambar, hingga editing bisa dipelajari.

8. International Design School


Jika kamu ingin memahami dunia film dalam waktu singkat. Maka kamu bisa memilih International Design School. Jurusan kuliah entertainment di sini bisa kamu jalani hanya dalam waktu 1 tahun. Artinya, kamu akan belajar secara detail mengenai perfilman.

Meskipun singkat, tetapi materi yang diajarkan jauh lebih ketat. Universitas akan menempa setiap mahasiswanya menjadi seorang sutradara atau produser film yang berbakat. Hal paling menarik di sini adalah kamu akan diajar secara langsung oleh sineas-sineas professional di Indonesia.

9. SAE Institute Indonesia


Bagi sebagian orang, mungkin nama SAE Institute Indonesia masih cukup asing. Namun, universitas ini juga memiliki jurusan kuliah entertainment terbaik di Indonesia. Kamu akan belajar di prodi Film/TV Production and Management. Cakupan pendidikan di sini sangat luas mulai dari teori hingga praktik.

10. Universitas Multimedia Nusantara


Universitas ini bisa menjadi tempat jika ingin merasakan jurusan kuliah entertainment. Kampus ini memiliki prodi Film dan Animasi bagi kamu yang ingin mendalami dunia film. Ada banyak hal yang bisa dipelajari di universitas ini. Tentunya, setiap mahasiswa bukan hanya belajar mengenai film.


11. Universitas Dian Nuswantoro


Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) merupakan salah satu universitas swasta dengan basis Ilmu Komputer terbaik di Indonesia. Namun, UDINUS juga memiliki jurusan kuliah entertainment. Ada banyak orang tertarik dengan jurusan ini.
Jika kamu ingin terjun dan berkarir dalam dunia film, maka bisa memilih prodi Film dan Televisi di Fakultas Ilmu Komputer. Kamu akan belajar hal-hal tentang dunia entertainment.

12. Universitas Pasundan


Universitas Pasundan juga memiliki jurusan kuliah entertainment melalui prodi Fotografi dan Film di Fakultas Ilmu Seni dan Sastra. Banyak materi yang akan diajarkan di jurusan ini. Salah satu materinya adalah bagaimana membuat sebuah sineas secara kreatif. Ini sangat dibutuhkan demi melahirkan sineas baru di Indonesia.

13. Institut Seni Indonesia Denpasar


Di ISI Denpasar kamu akan diajarkan bagaimana menjadi seorang professional dalam dunia entertainment. Oleh sebab itu, materi yang diajarkan bukan hanya sekedar teori saja. Jurusan kuliah entertainment ini akan memberikan fokus mengenai seni peran yang baik. Selain itu juga demi membuat sebuah sineas yang lebih berbeda.

14. Institut Kesenian Makasar


Setiap mahasiswa Institut Kesenian Makasar akan belajar secara langsung dengan sineas professional. Setiap mahasiswa juga akan dibekali dengan ilmu serta analisis yang baik. Setelah lulus sudah siap untuk membuat sineas baru. Terutama sineas yang memiliki konsep berbeda.

15. Institut Seni Indonesia Padang Panjang


Jika kamu berasal dari Sumatra, maka bisa memilih ISI Padang Panjang. Di sini kamu juga bisa merasakan jurusan yang berkaitan dengan film. Ada banyak materi bisa dipelajari secara detail. Bahkan, setiap mahasiswa juga akan diajak untuk merasakan secara langsung bagaimana dunia perfilman bekerja.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2390 seconds (0.1#10.140)