15 Mata Kuliah yang Wajib Dikuasai Mahasiswa Kedokteran, Susah Gak Ya?

Senin, 14 Agustus 2023 - 15:26 WIB
loading...
15 Mata Kuliah yang Wajib Dikuasai Mahasiswa Kedokteran, Susah Gak Ya?
Kuliah di Fakultas Kedokteran mewajibkan mahasiswa untuk menguasainya banyak mata kuliah wajib, dua di antaranya Anatomi dan Biologi Seluler. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini deretan mata kuliah yang wajib dikuasai mahasiswa Kedokteran . Saat baru masuk kuliah, mahasiswa Kedokteran akan menghadapi mata kuliah umum seperti Bahasa Indonesia, komunikasi efektif dokter, keterampilan belajar dan berpikir kritis.

Namun saat nanti masuk semester kedua materi wajib saat studi jurusan kedokteran yang akan kamu hadapi akan mulai menjurus ke ranah medis. Beberapa contoh pelajarannya di semester 2 yaitu seperti Hemato Imunologi, Metabolisme dan Endokrin. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 15 mata kuliah yang wajib dikuasai mahasiswa kedokteran

Daftar 15 Mata Kuliah yang Wajib Dikuasai Mahasiswa Kedokteran

1.Anatomi


Anatomi ialah salah satu akar dari disiplin ilmu kedokteran, dan mata kuliah ini bersifat wajib bagi semua mahasiswa kedokteran. Dalam mata kuliah kedokteran ini bukan hanya bagian luar, seperti kepala, tangan, dan kaki saja yang akan kamu pelajari. Namun juga bagian dalam organ tubuh yang membentuk susunan tersebut sehingga setiap anggota tubuh dapat bergerak dan berinteraksi secara optimal.

2.Biologi Seluler


Seperti yang dipelajari di pelajaran anatomi, bedanya biologi seluler akan mempelajari ilmu biologi di tingkat yang lebih kompleks, yaitu di tingkat perkembangan sel.

Dalam mata kuliah utama kedokteran ini kamu akan mempelajari bagaimana sel dapat berkelompok dan berkembang menjadi jaringan. Lalu jaringan berkembang menjadi organ, lalu menjadi sistem organ, hingga akhirnya membentuk suatu makhluk

3. Genetika


Pernah menyadari kenapa seorang anak bisa mewarisi sifat, bakat, atau bentuk fisik dari orang tuanya? Nah, kamu sebagai mahasiswa kedokteran, akan mempelajari hal tersebut di dalam pelajaran genetika.


Sebagai salah satu mata kuliah utama kedokteran dari cabang ilmu biologi ini, kamu juga akan memahami mengapa ada kesalahan atau mutasi genetika pada suatu organisme atau makhluk hidup.

4.Kardiovaskuler


Segala hal yang berhubungan dengan darah, akan kamu pelajari di pelajaran kardiovaskuler. Seperti bagaimana fungsi jantung dan pembuluh darah mengalirkan darah yang berisi oksigen dan nutrisi lainnya ke jaringan di dalam tubuh. Dalam mata kuliah kedokteran yang satu ini kamu akan mempelajari juga dasar- dasar penanganan masalah jantung dan pembuluh darah.

5. Respiratorius


Setelah mempelajari tentang sistem peredaran darah, kita lanjut ke salah satu mata kuliah wajib di kedokteran, yaitu tentang sistem pernapasan. Organ respiratorius adalah organ yang menyediakan tempat untuk pertukaran gas antara darah dan atmosfir.

Kamu akan memahami bagaimana proses oksigen masuk dari rongga hidung sampai ke paru-paru. Lalu apa saja penyakit dan kelainan dalam sistem pernapasan, serta cara pengobatannya.

6. Gastrointestinal


Selain butuh oksigen untuk bernapas, manusia juga butuh makanan agar dapat beraktivitas sehari-hari. Dalam mata kuliah pokok kedokteran yang wajib ini, kamu akan mempelajari bagaimana saluran pencernaan dan proses pencernaan bekerja di dalam tubuh manusia.Bisa di bilang pelajaran gastrointestinal ini mengharuskan mahasiswa memahami cara kerja organ sistem pencernaan seperti lambung dan usus.

7. Metabolisme dan Energi


Setiap aktivitas manusia pasti melibatkan proses metabolisme dan energi dalam tubuh. Hal tersebut yang akan kamu dalami di mata kuliah wajib kedokteran yang banyak membahas proses kimia ini.

Salah satunya, bagaimana tubuh memproses makanan hingga menjadi energi. Kamu juga akan mempelajari bagaimana faktor usia, jenis kelamin, dan genetika dapat mempengaruhi proses metabolisme dalam tubuh.

8. Reproduksi


Mata kuliah pokok kedokteran yang satu ini mungkin jadi favorit kamu sejak bangku sekolah karena menyajikan gambar dan visual yang menarik. Namun saat di perkuliahan, pelajaran reproduksi sangat penting karena berhubungan dengan banyak pelajaran lainnya, seperti genetika, anatomi, dan biologi seluler.

Dalam mata kuliah reproduksi kamu akan mempelajari bagaimana proses biologis suatu individu untuk menghasilkan individu baru serta peranan reproduksi dalam kelangsungan kehidupan makhluk hidup.

9. Ilmu bedah


Mata kuliah pokok kedokteran ini wajib kamu kuasai juga, walaupun kamu tidak berminat untuk melanjutkan ke spesialis bedah. Sebagai calon dokter, kamu tetap harus menguasai ilmu dan teknik dasar dalam pembedahan. Nantinya, kamu akan mendapatkan banyak praktik di dalam mata kuliah ilmu bedah agar dapat menyeimbangkan teori yang sudah dipelajari sebelumnya.

10. Ilmu Penyakit Dalam


Pada dasarnya, mata kuliah kedokteran yang satu ini akan membuatmu memahami penyakit pada manusia dan bagaimana upaya kita dalam mengobati penyakit dan kelainan tersebut. Nah di dalam pelajaran ilmu penyakit dalam ini, kamu sebagai mahasiswa kedokteran akan mendalami beragam penyakit dalam yang umum menyerang manusia. Kamu akan mempelajari bagaimana cara pemeriksaannya, mengetahui penyebabnya, menentukan obat beserta dosis yang tepat serta metode pengobatan terbaik untuk penyembuhan.

11. Parasitologi


Parasit dapat hidup pada tumbuhan, hewan, atau manusia, dan dapat menyebabkan penyakit atau kelainan pada inangnya. Dalam mata kuliah kedokteran parasitologi ini kamu akan mempelajari tentang penyakit yang disebabkan oleh parasit pada manusia, termasuk cara diagnosis dan pengobatannya.

Beberapa jenis parasit yang sering dipelajari dalam parasitologi adalah protozoa seperti Plasmodium falciparum yang menyebabkan malaria, helminth seperti cacing pita yang menyerang usus manusia, dan arthropoda seperti nyamuk aedes aegypti yang menularkan penyakit demam berdarah.

12. Farmakologi


Dari farmakologi kamu akan mempelajari tentang dosis obat yang tepat dan cara mengukur dosisnya, serta tentang efek sampingnya. Mata kuliah utama di jurusan kedokteran ini juga akan membahas mengenai interaksi obat dan cara menghindari atau mengurangi risiko yang merugikan.



Pelajaran ini sangat penting bagi mahasiswa kedokteran, karena mereka yang bertanggung jawab untuk meresepkan obat-obatan kepada pasien dan memberikan perawatan kesehatan.

13. Mikrobiologi


Studi mikrobiologi pada umumnya membahas tentang berbagai jenis mikroorganisme. Kamu akan mempelajari cara mengidentifikasi dan mengisolasi mikroorganisme, serta cara mengendalikan dan memanfaatkannya. Mata kuliah pokok jurusan kedokteran ini meliputi berbagai aspek, mulai dari struktur, fungsi, dan sifat biokimia mikroorganisme, hingga interaksi mikroorganisme dengan lingkungan, manusia, dan organisme lainnya.

14. Patologi


Mata kuliah kedokteran yang selanjutnya ini akan mempelajari tentang perubahan struktural dan fungsional yang terjadi pada sel, jaringan, dan organ tubuh akibat penyakit atau trauma.

Tujuan utama dari patologi adalah untuk memahami dasar biologis dari penyakit dan mengidentifikasi faktor-faktor penyebabnya, sehingga dapat membantu dalam diagnosis, pengobatan, dan pencegahan penyakit.

15. Etika Kedokteran


Sebagai salah seorang tenaga kesehatan, pastinya akan ada aturan-aturan yang harus kamu patuhi dan larangan yang harus kamu jauhi. Dalam mata kuliah kedokteran ini kamu akan mempelajari tentang prinsip-prinsip etika dan profesionalisme dalam praktik kedokteran.

Salah satunya adalah etika dalam praktik kedokteran yang melibatkan masalah seperti aborsi, eutanasia, dan perawatan pada pasien yang tidak sadar.Kamu juga akan belajar mengenai bagaimana cara kerja menjalin hubungan dengan pasien, termasuk hak pasien, informed consent, dan rahasia medis.

(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1992 seconds (0.1#10.140)