Berminat Kuliah Program Studi Studi Seni Kriya? Ini Prospek Kerjanya

Selasa, 15 Agustus 2023 - 11:06 WIB
loading...
Berminat Kuliah Program Studi Studi Seni Kriya? Ini Prospek Kerjanya
Salah satu profesi yang bisa ditekuni lulusan seni kriya adalah Fashion Designer atau perancang busana. Foto/ilustrasi laman ITB
A A A
JAKARTA - Ini sejumlah prospek kerja menantang jurusan seni kriya .Apakah kamu tertarik pada seni kriya? Istilah seni kriya bagi sebagain orang memang masih asing. Meski demikian, banyak juga profesi yang saat ini bersinggungan erat dengan jurusan seni kriya

Tahukah kamu pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan oleh para lulusan bidang seni ini? Untuk menjawab pertanyaan apa prospek kerja jurusan seni kriya, berikut ini ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Prospek Kerja Menantang Lulusan Seni Kriya Beserta Gajinya

1.Perajin Gerabah


Saat berada di jurusan seni kriya tentunya Kamu akan mempelajari seni gerabah. Tentunya kamu bisa menggunakan ilmu itu untuk bekerja sebagai perajin gerabah. Gaji seorang perajin gerabah berkisar dari Rp1,5 juta atau lebih tergantung penjualannya.

2. Perajin Batik


Pilihan berikutnya dari lulusan seni kriya ialah menjadi seorang perajin batik. Pekerjaan yang perlu ketelitian ini bisa menghasilkan gaji sekitar Rp1,5 juta atau lebih tergantung pekerjaan yang dilakukan.

3. Fashion Editor


Jika kamu berada di bidang seni dan tertarik dengan busana, maka pekerjaan fashion editor bisa jadi pilihan profesi yang tepat untuk kamu. Pendapatan yang dihasilkan dari pekerjaan ini ialah Rp4 sampai dengan Rp6 juta per bulannya.


4. Fashion Designer


Profesi di bidang seni busana lainnya ialah sebagai fashion designer atau perancang busana. Gaji dari seorang perancang busana ialah mulai dari Rp4 sampai dengan Rp7 juta per bulannya.

5. Pengusaha


Kamu bisa memulainya dengan menjual satu jenis produk karya seni atau lebih. Gaji seorang pengusaha bergantung dengan kelancaran usaha yang dijalankannya.

6. Perajin Tenun


Sama seperti perajin batik, perajin tenun juga tergolong perlu ketelitian lebih dalam pengerjaannya.Pekerjaan satu ini juga bisa dilakukan oleh orang yang berlatar belakang seni. Gaji yang dihasilkan bisa mencapai Rp2 juta atau lebih.

7. Perajin Anyaman


Anyaman juga merupakan salah satu hal yang dipelajari di saat belajar pendidikan seni. Jadi, pengrajin anyaman juga bisa menjadi pilihan profesi untuk Kamu yang berasal dari jurusan seni. Gaji dari pekerjaan ini ialah kisaran 2 juta atau lebih.


8. Perajin Wayang


Pilihan selanjutnya yang bisa kamu pilih saat bekerja di bidang seni ialah bekerja sebagai perajin wayang. Penghasilan yang didapat oleh perajin wayang diperkirakan berkisar Rp2-3 juta tergantung pengerjaannya.

9. Fabric Designer


Menjadi seorang desainer kain bisa menjadi pilihan profesi yang bisa ditekuni oleh lulusan seni kriya. Pekerjaan yang bertugas untuk mengolah kain ini memiliki gaji yang berkisar dari angka Rp4 juta ke atas.

10. Konsultan Desainer


Pekerjaan sebagai konsultan desainer juga bisa menjadi pilihan profesi Kamu yang berasal dari jurusan seni kriya. Penghasilan dari seorang konsultan sendiri tergolong besar yaitu Rp4 juta atau lebih per bulannya.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1683 seconds (0.1#10.140)