5 Mitos yang Membuat Calon Mahasiswa Takut Daftar Jurusan Kedokteran, Apa Saja?

Rabu, 16 Agustus 2023 - 11:17 WIB
loading...
5 Mitos yang Membuat Calon Mahasiswa Takut Daftar Jurusan Kedokteran, Apa Saja?
Calon mahasiswa kedokteran harus menghadapi mitos yang sering beredar tentang program studi mereka. Salah satunya yakni kuliah Kedokteran hanya untuk orang pintar. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Kuliah kedokteran adalah program studi yang penuh dengan tantangan.Selain mempelajari materi yang kompleks, mahasiswa kedokteran juga harus menghadapi mitos yang sering beredar tentang program studi mereka.

Terkadang, mitos ini dapat menyesatkan dan membuat mahasiswa baru merasa tidak percaya diri untuk daftar di Fakultas Kedokteran. Biar memperoleh informasi yang benar, berikut 5 mitos yang membuat orang takut untuk mendaftarkan diri berkuliah di Fakultas Kedokteran

5 Mitos yang Membuat Orang Takut Kuliah di Fakultas Kedokteran

1.Kuliah kedokteran hanya untuk orang yang sangat pintar


Mitos pertama yang sering muncul adalah bahwa kuliah kedokteran hanya untuk orang yang sangat pintar. Faktanya, kesuksesan di kuliah kedokteran tidak hanya bergantung pada kecerdasan saja.

Memiliki kemampuan akademik yang baik memang penting, tetapi mahasiswa kedokteran juga harus memiliki keterampilan sosial yang kuat, kemampuan berkomunikasi yang baik, serta dedikasi dan tekad untuk belajar.

2. Kuliah kedokteran sangat sulit dan melelahkan

Mitos kedua yang sering muncul adalah bahwa kuliah kedokteran sangat sulit dan melelahkan. Faktanya, memang benar bahwa kuliah kedokteran menuntut kerja keras dan dedikasi yang besar, tetapi hal itu tidak berarti bahwa kuliah kedokteran tidak menyenangkan. Mahasiswa kedokteran juga memiliki waktu untuk melakukan kegiatan sosial dan bersenang-senang.

3. Kuliah kedokteran hanya untuk orang yang memiliki latar belakang pendidikan IPA


Mitos ketiga adalah bahwa kuliah kedokteran hanya untuk orang yang memiliki latar belakang pendidikan IPA. Faktanya, calon mahasiswa dari berbagai latar belakang dapat diterima di fakultas kedokteran, asalkan mereka memiliki nilai yang baik dan memiliki semangat belajar yang tinggi.


4. Kuliah kedokteran hanya untuk mereka yang ingin menjadi dokter


Mitos keempat adalah bahwa kuliah kedokteran hanya untuk mereka yang ingin menjadi dokter. Faktanya, kuliah kedokteran juga cocok untuk mereka yang ingin bekerja di bidang kesehatan, seperti menjadi perawat, ahli gizi, atau terapis fisik.

5. Kuliah kedokteran hanya mengajarkan tentang ilmu medis


Mitos kelima adalah bahwa kuliah kedokteran hanya mengajarkan tentang ilmu medis. Faktanya, selain mempelajari ilmu medis, mahasiswa kedokteran juga diajarkan tentang etika medis, keterampilan sosial, dan manajemen kesehatan.Selain itu, mereka juga dilatih untuk menjadi pemimpin yang baik di bidang kesehatan.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1559 seconds (0.1#10.140)