5 Bidang Spesialis Jurusan Kedokteran yang Bisa Diambil Mahasiswa

Rabu, 16 Agustus 2023 - 13:05 WIB
loading...
5 Bidang Spesialis Jurusan Kedokteran yang Bisa Diambil Mahasiswa
Banyak bidang spesialis yang dapat diambil mahasiswa lulusan jurusan kedokteran. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Ada banyak bidang spesialis yang dapat diambil mahasiswa lulusan jurusan kedokteran . Beberapa di antaranya bahkan cukup populer dan memiliki prospek bagus ke depannya.

Sesuai namanya, dokter spesialis adalah seorang dokter yang memiliki bidang spesialisasi tertentu. Untuk mendapat gelar spesialis, mereka wajib menempuh pendidikan lanjutan pada bidang spesialis terkait.

Terkait jenisnya sendiri, ada banyak dokter spesialis dengan keahlian khusus berbeda-beda. Jadi, mahasiswa lulusan jurusan Kedokteran bisa memilih salah satunya ketika memutuskan untuk menjadi dokter spesialis. Dari deretan panjang daftarnya, berikut ini beberapa contoh di antaranya.

Bidang Spesialis Jurusan Kedokteran

1. Spesialis Anak


Dokter spesialis anak (Sp.A) merupakan spesialis ilmu kedokteran yang berfokus pada diagnosis dan penanganan kesehatan anak. Mengutip laman Medical NewsToday, mereka membantu mendiagnosis kondisi medis pada anak.

Tak hanya berfokus pada aspek penunjang kesehatan anak, dokter spesialis anak juga membantu menangani gangguan kesehatan yang terjadi. Di antaranya seperti penyakit tertentu, alergi, dan lain sebagainya.



Bagi mahasiswa lulusan kedokteran yang berminat menjadi dokter spesialis anak dapat mengikuti pendidikan lanjutan terlebih dahulu. Dalam hal ini, mereka bisa memilih untuk belajar di lembaga pendidikan terkait yang membukanya.

2. Spesialis Mata


Berikutnya ada spesialis mata. Fokus bidang ini adalah menangani dan melakukan pemeriksaan terkait kerusakan, cedera, ataupun gangguan penglihatan pada mata.

Selain pemeriksaan mata, dokter spesialis mata (Sp.M) juga biasa memberikan resep obat atau kacamata kepada pasiennya. Pada perkembangannya. keberadaan spesialis mata pun cukup banyak dicari. Sehingga banyak juga lulusan kedokteran yang memiliki bidang tersebut.

3. Spesialis Kandungan dan Ginekologi


Dokter spesialis kandungan dan ginekologi (Sp.OG) memiliki keahlian di bidang kehamilan dan persalinan (obsetri) serta kesehatan reproduksi wanita (ginekologi). Masing-masing bidang tersebut menangani layanan kesehatan yang berbeda.

Mengutip laman St.George University, jenis dokter spesialis ini mendiagnosis dan mengobati penyakit terkait serta memberikan perawatan terkait kehamilan dan persalinan. Kategori dokter spesialis ini diprediksi bakal kekurangan tenaga ahli pada 2033 mendatang.

4. Spesialis THT


Spesialis THT memiliki spesialisasi yang berfokus pada diagnosis, penanganan, dan perawatan gangguan pada telinga, hidung, serta tenggorokan. Jadi, mereka akan banyak menangani keluhan seperti radang tenggorokan, radang amandel, infeksi telinga, dan lain sebagainya.

Seiring waktu, keberadaan dokter spesialis THT pun cukup banyak dicari. Melihat prospek ke depan, tak ada salahnya jika lulusan kedokteran ingin mengambil bidang spesialisasi ini.

5. Spesialis Penyakit Dalam


Berikutnya ada spesialis penyakit dalam. Sesuai namanya, dokter dengan spesialisasi ini akan berfokus pada penanganan dan perawatan terkait kesehatan organ dalamnya.

Melihat sejumlah kasus, dokter spesialis ini biasa menangani pasien dewasa hingga lansia. Beberapa keluhan yang ditangani seperti penyakit jantung, ginjal, dan lain sebagainya.

Selain kelima contoh bidang spesialisasi dokter di atas, sejatinya masih terdapat beberapa lain yang belum sempat dibutuhkan. Di antaranya seperti Spesialis Saraf, Spesialis Kulit dan Kelamin, Spesialis Bedah, dan lainnya.

Itulah deretan bidang spesialis dokter yang dapat diambil mahasiswa lulusan jurusan Kedokteran.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3943 seconds (0.1#10.140)