20 Macam Profesi Kedokteran di Indonesia Selain Dokter Umum, Apa Saja?

Rabu, 16 Agustus 2023 - 16:30 WIB
loading...
20 Macam Profesi Kedokteran di Indonesia Selain Dokter Umum, Apa Saja?
Dokter Spesialis Anak (Sp. A) merupakan salah satu profesi Kedokteran di Indonesia selain dokter umum. Foto/Alodokter
A A A
JAKARTA - Ini deretan profesi Kedokteran selain dokter umum. Selain dokter umum, bidang Kedokteran memiliki macam dan jenis profesinya. Lalu, apa saja macam profesi kedokteran yang ada di Indonesia? Dirangkum dari berbagai sumber, ini dafatar 20 macam profesi kedokteran di tanah air.

Daftar 20 Profesi Kedokteran di Indonesia Selain Dokter Umum

1. Dokter Spesialis Anak (Sp. A)


Dokter yang memiliki spesialisasi dalam penanganan pasien anak dikenal dengan nama pediatric. Tentang usia pasien yang masuk ke golongan anak adalah dari umur 0 tahun sampai 18 tahun. Spesialis anak akan membuat seorang dokter lebih berfokus untuk menangani berbagai jenis gangguan atau masalah kesehatan yang terjadi di tubuh anak.

2. Dokter Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah (Sp.JP)


Dokter spesialis jantung adalah dokter yang harus dan khusus menangani berbagai jenis penyakit jantung, dan gangguan yang terjadi pada pembuluh darah. Dokter spesialis jantung ini sangat dibutuhkan terkait kehadirannya. Mengingat tingginya angka penderita penyakit jantung dan pembuluh darah di Indonesia.

3. Dokter Spesialis Penyakit Dalam (Sp.PD)


Tidak hanya dokter spesialis jantung saja, dokter spesialis penyakit dalam juga terkenal berada di tengah-tengah masyarakat Indonesia. Dokter spesialis penyakit dalam ini juga dapat disebut sebagai internis. Dokter internis memiliki tugas untuk melakukan diagnosis serta penanganan pada pasien yang memiliki berbagai gangguan penyakit dalam.

4. Dokter Spesialis Kandungan dan Ginekologi (Sp.OG)


Dokter ini sering terkenal di kalangan para perempuan. Dokter spesialis kandungan dan ginekologi memiliki keahlian di bidang kehamilan. Seperti kesehatan reproduksi dan proses kelahiran.


5. Dokter Spesialis Bedah (Sp.B)


Dokter spesialis bedah adalah salah satu profesi dokter yang sangat dibutuhkan di dalam dunia medis. Dokter spesialis bedah memiliki kompetensi pada segala jenis bidang, yang berkaitan dengan prosedur bedah.

6. Dokter Spesialis Mata (Sp.M)


Dokter spesialis mata akan bertanggung jawab untuk menangani masalah kesehatan yang berhubungan dengan organ pada mata. Ada berbagai jenis masalah mata yang dapat terjadi. Mulai dari gangguan penglihatan, mata tua yang merupakan akibat penuaan, sampai dengan iritasi.

7. Dokter Spesialis Paru (Sp.P)


Dokter spesialis paru memiliki tanggung jawab di dalam bidang penanganan pasien yang memiliki penyakit paru-paru. Tenaga kesehatan pada bidang ini memiliki lingkup keahlian seputar organ paru-paru. Seperti kemungkinan gangguan yang akan menyerang paru-paru.

8. Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (Sp.KK)


Kehadiran dari dokter kulit dan kelamin ini ternyata juga dibutuhkan oleh masyarakat. Dokter spesialis kulit dan kelamin akan mengurus permasalahan terkait masalah kulit dan kelamin. Baik laki-laki, maupun perempuan.

9. Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa (Sp.KJ)


Dokter yang memiliki spesialisasi pada bidang kesehatan jiwa dikenal dengan nama psikiater. Psikiater akan memberikan penanganan kepada pasien yang mengalami berbagai jenis gangguan kejiwaan dan emosional. Beberapa contoh kondisi kejiwaan yang perlu dikonsultasikan pada dokter spesialis ini adalah autism, skizofrenia, OCD, depresi, hingga bipolar.


10. Dokter Spesialis Bedah Mulut (Sp.BM)


Dokter spesialis bedah mulut sebenarnya masuk ke dalam kategori dokter spesialis gigi. Selain melakukan bedah mulut, ada beberapa spesialisasi yang dapat ditempuh oleh para dokter gigi. Mulai dari konservasi gigi, ortodonsia, prostodonsia sampai masalah gigi anak.

11. Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorok-Bedah Kepala Leher


Dokter spesialis THT ini dikenal dengan nama otolaringologis. Dokter THT memiliki cakupan tugas dari mulai melakukan diagnosis pasien, sampai melakukan penanganan pada kondisi infeksi telinga, radang dan tumor.

12. Dokter Spesialis Saraf atau Neurolog (Sp.S)


Dokter spesialis saraf disebut juga dengan neurologis. Dokter spesialis saraf ini akan melakukan pemeriksaan, sampai penanganan kepada pasien yang memiliki gangguan pada sistem saraf.

Jenis Profesi Kedokteran Lainnya

13. Dokter Spesialis Anestesi (Sp.An)
14. Dokter Spesialis Andrologi (Sp.And)
15. Dokter Spesialis Bedah Toraks Kardiovaskuler (Sp.BTKV)
16. Dokter Spesialis Bedah Plastik (Sp.BP)
17. Dokter Spesialis Kedaruratan Medik (Sp.EM)
18. Dokter Spesialis Kedokteran Forensik (Sp.F)
19. Dokter Spesialis Farmakologi Klinik (Sp.FK)
20. Dokter Spesialis Konservasi Gigi (Sp.KG)
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2042 seconds (0.1#10.140)