Platform Kedaireka Buka Peluang Kolaborasi Inovasi Kampus dan Industri

Rabu, 16 Agustus 2023 - 15:25 WIB
loading...
Platform Kedaireka Buka Peluang Kolaborasi Inovasi Kampus dan Industri
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim pada RekaTalks Edisi Kedua. Foto/Humas Diktiristek.
A A A
JAKARTA - Inovasi dan kolaborasi dunia kampus dan perguruan tinggi akan memberi dampak besar bagi masyarakat. Kemendikbudristek melalui platform Kedaireka terus mendorong sinergi tersebut demi mencapai dampak sosial berkelanjutan.

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim mengatakan, membentuk sinergi dalam memanfaatkan perkembangan teknologi untuk pembangunan berkelanjutan adalah dua fase penting dalam mendukung pertumbuhan ekonomi dan program strategis nasional yang berkelanjutan.

Oleh karena itu, jelasnya, keselarasan antara institusi akademis dan industri harus terus dioptimalkan. Ini juga harus melibatkan proses evaluasi yang terus menerus dan keterbukaan akan berbagai ide dan wawasan dari multistakeholders dari berbagai bidang.

"Inilah mengapa kami menciptakan platform Kedaireka beserta ekosistemnya, dimana acara seperti RekaTalks kali ini memiliki peran yang sangat penting dalam proses tersebut," katanya pada RekaTalks Edisi Kedua, dalam keterangan resminya, Rabu (16/8/2023).

Baca juga: Profil 5 Kampus di Indonesia yang Menggunakan Nama Pahlawan

Nadiem menjelaskan, untuk mencapai dampak optimal Kemendikbudristek melalui Kedaireka, telah menghadirkan berbagai konsep kolaborasi agar sinergi dapat terjadi salah satunya adalah Innovation Fund.

"Untuk benar-benar mencapai dampak yang signifikan bagi masyarakat, inovasi dan kolaborasi harus tak terpisahkan," ujar alumnus Harvard Business School tersebut.

Oleh karena itu, ujarnya, Kemendikbudristek telah menawarkan berbagai konsep dan skema kolaborasi antara universitas dan industri selama beberapa tahun terakhir melalui Ekosistem Kedaireka.

Dari Matching Fund hingga konsep terbaru Innovation Fund, yang menunjukkan agilitas pemerintah untuk dapat sekaligus mengemban peran sebagai katalis dan juga fasilitator.

Bagi industri dan lembaga akademis yang mencari fleksibilitas, ujarnya, Innovation Fund menawarkan opsi kolaborasi di mana pendanaan dan mekanisme administratif ditentukan melalui kesepakatan antara kedua belah pihak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1855 seconds (0.1#10.140)