5 Keunggulan Politeknik Dibandingkan Universitas, Apa Saja?

Jum'at, 18 Agustus 2023 - 14:02 WIB
loading...
5 Keunggulan Politeknik Dibandingkan Universitas, Apa Saja?
Politeknik memiliki sejumlah keunggulan dibanding universitas, di antaranya politeknik menawarkan disiplin ilmu yang spesifik sehingga calon mahasiswa bisa belajar secara mendalam. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini keunggukan politeknik dibanding universitas. Pendidikan tinggi di Indonesia memiliki banyak pilihan mulai dari universitas, sekolah tinggi, sekolah kedinasan, hingga politeknik.

Tapi tahukah kamu apa keunggulan politeknik dibandingkan universitas? Selama ini jenjang universitas memang paling banyak disukai siswa SMA atau SMK yang baru lulusa untuk melanjutkan studi.

Salah satu alasannya universitas disebut-sebut lebih unggul disbanding jenjang lain termasuk politeknik. Hal itu tidak sepenuhnya benar karena semua ada plus minusnya termasuk kuliah di universitas. Artikel kali ini akan membahas keunggulan Politeknik dibanding Universitas, berikut pemaparannya.

5 Keunggulan Politeknik Dibanding Universtas

1.Lebih Spesifik dan Praktis


Kelebihan politeknik pertama adalah menawarkan disiplin ilmu yang lebih spesifik, mirip seperti di SMK. Bagi para calon mahasiswa memilih jurusan sesuai passion atau minat yang dimiliki dan langsung mempelajarinya secara lebih mendalam.

2. Lebih Banyak Praktik Dibandingkan Teori


Berbeda dari universitas, politeknik memberikan lebih banyak praktik dibanding teori. Pendidikan vokasi pada perguruan tinggi ini mempersiapkan para mahasiswanya untuk siap bekerja. Kelebihan politeknik ini perlu menjadi pertimbangan penting. Adapun beberapa jurusan yang bisa dipilih pada politeknik antara lain:

a.Teknologi Multimedia Broadcasting
b.Teknik Informatika
c.Digital Animasi
d.Teknik Elektronika
e.E-commerce Logistik
f.Teknik Telekomunikasi
g.Event Management
h.Teknik Komputer


3. Mendukung Peningkatan Berbagai Softskill

Selepas lulus kuliah, setiap individu dituntut untuk memiliki keterampilan teknis (hard skill). Namun, memiliki keterampilan non teknis (soft skill) juga tidak kalah pentingnya, dari cara berpikir kreatif, leadership skill, problem solving, dan sebagainya.

Salah satu kelebihan politeknik yang patut dipertimbangkan yaitu institusi pendidikan ini mempelajari beragam keterampilan non teknis. Contohnya mahasiswa pada jurusan animasi tidak hanya mempelajari cara atau teknik-teknik dalam membuat motion graphic, menggambar karakter, atau membuat model 3D, namun juga akan diajak untuk mengasah kreativitas.

Secara umum, untuk soft skill yang dilatih pada mahasiswa politeknik antara lain:

a.Kreativitas
b. Menciptakan inovasi
c.Kedisiplinan
d.Adaptasi dengan lingkungan kerja
e.Problem solving, dll.

4. Lulusan Politeknik Siap Terjun ke Dunia Kerja


Dengan ilmu dan pengalaman praktek yang dimiliki, lulusan politeknik menjadi lebih siap menghadapi dunia kerja. Para mahasiswa politeknik umumnya memiliki pengalaman lebih dalam hal bekerja secara nyata. Karena sudah lebih dulu mengenal serta akrab dengan atmosfer kerja sejak kuliah.


5.Banyak Perusahaan yang Mencari Lulusan Diploma


Dari hasil tracer studi yang telah dilakukan oleh beberapa politeknik, menunjukan bahwa yang paling diminati oleh industri atau dunia kerja adalah lulusan dari program Diploma III, karena Industri cenderung membutuhkan tenaga pelaksana pada level menengah. Informasi ini yang sering kali luput dari perhatian masyarakat, karena pemahaman yang masih kurang tentang pendidikan politeknik ini.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4525 seconds (0.1#10.140)