10 Alasan Kenapa Kamu Perlu Daftar Jurusan Ekonomi Pembangunan, Gaji Lulusannya di Atas UMR?

Sabtu, 19 Agustus 2023 - 08:11 WIB
loading...
10 Alasan Kenapa Kamu Perlu Daftar Jurusan Ekonomi Pembangunan, Gaji Lulusannya di Atas UMR?
Lulusan jurusan Ekonomi Pembangunan bisa menganalisa dan mencari solusi permasalahan pembangunan di berbagai sektor, di antaranya bisnis dan perbankan. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 10 alasan kuat kenapa Jurusan Ekonomi Pembagunan perlu kamu pertimbangkan untuk daftar kuliah. Memilih jurusan kuliah bisa menjadi kunci masa depan seseorang. Kenapa?

Ya karena jika kamu salah memilih jurusan kuliah, bisa saja peluang kariermu bekerja di tempat yang kamu idamkan bisa saja berantakan. Atau sebaliknya dengan memilih jurusan yang tepat maka akan memperbesar peluang kamu meniti karier di bidang yang kamu idamkan.

Salah satu jurusan di rumpun Ekonomi yang perlu dipertimbangkan adalah Jurusan Ekonomi Pembangunan. Secara umum jurusan Ekonomi Pembangunan memang kalah populer dengan jurusan Manajemen maupun Akuntasi. Tetapi bukannya Jurusan Ekonomi Pembangunan tidak prospektif. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 10 alasan kuat kenapa kamu perlu mendaftar di Jurusan Ekonomi Pembangunan

10 Alasan Kenapa Perlu Mendaftar di Jurusan Ekonomi Pembangunan

1. Kamu lulusan SMA IPS yang tertarik ekonomi


Rumpun SOSHUM menjadi pilihan yang tepat untuk Kamu lulusan SMA IPS yang tertarik mempelajari ekonomi pembangunan lebih lanjut.

2. Passing grade lebih rendah


Ekonomi Pembangunan memiliki passing grade lebih rendah dibandingkan dengan Akuntansi dan Manajemen di fakultas yang sama. Meskipun demikian, peminat Ekonomi Pembangunan cukup bagus sehingga bisa mendorong Kamu untuk lebih giat belajar.


3. Jurusan ada di PTN dan PTS seluruh Indonesia


Ekonomi Pembangunan bisa Kamu pilih sebagai prodi pilihan di PTN atau PTS yang ada di seluruh Indonesia sesuai dengan kondisi masing-masing saja.

4. Bisa memecahkan persoalan pembangunan di segala sektor ekonomi


Ekonomi Pembangunan menganalisa dan mencari solusi permasalahan pembangunan di berbagai sektor baik bisnis, keuangan dan perbankan.

5. Punya pengetahuan dan keahlian yang cocok


Alasan memilih jurusan Ekonomi Pembangunan selanjutnya adalah Kamu punya pengetahuan dan keahlian yang cocok seperti kemampuan analisis, kemampuan logika dan matematika dasar, kemahiran berkomunikasi, bisa berpikir logis dan berstruktur, teliti, dan lain-lain.

6. Bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis, kreatif dan inovatif


Hal ini dikarenakan Kamu akan belajar mengkaji berbagai permasalahan pembangunan segala sektor sehingga bisa mencari ide atau inovasi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

7. Kesempatan praktikum dan magang


Kamu punya peluang melakukan praktikum dan magang secara langsung untuk bisa mengimplementasikan ilmu di segala sektor perekonomian di Indonesia.


8. Prospek karier


Setelah lulus kuliah, Kamu bisa mempertimbangkan prospek karir yang cerah dengan gelar S.E ini. Kamu bisa bekerja di lembaga pemerintah, swasta, menjadi tren analis, sistem analis, tim research and development, dan masih banyak peluang menarik lainnya.

9. Gaji menarik


Kamu yang mengambil Ekonomi Pembangunan punya peluang memiliki profesi menarik dengan gaji di atas UMR

10. Bisa memilih menjadi wirausaha


Kamu menguasai mata kuliah di bidang Ekonomi Pembangunan yang relevan dengan perkembangan pembangunan sektor perekonomian baik bisnis, keuangan dan perbankan sehingga bisa mencoba peluang menjadi wirausaha yang cerdas.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1781 seconds (0.1#10.140)