5 Jurusan Langka Politeknik yang Memiliki Prospek Kerja Menjanjikan, Berminat Daftar?

Selasa, 22 Agustus 2023 - 09:11 WIB
loading...
5 Jurusan Langka Politeknik yang Memiliki Prospek Kerja Menjanjikan, Berminat Daftar?
Teknologi Game merupakan salah satu jurusan langka di Politeknik. Di Indonesia, jurusan ini hanya ada di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 jurusan langka di Politeknik yang memiliki prospek kerja menjanjikan.Salah satu keunggulan kuliah di Politeknik adalah lulusannya yang siap kerja. Artinya ilmu yang ada di Politeknik merupakan ilmu terapan

Tahukan kamu, dari sekian banyak jurusan di Politeknik ada beberapa jurusan langka yang sangat jarang ditemukan. Jurusan-jurusan ini umumnya hanya ada di satu politeknik di Indonesia. Dilansir dari Direktorat Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, ini 5 jurusan kuliah langka di Politeknik yang memiliki prospek kerja menjanjikan.

5 Jurusan Langka Politeknik yang Peluang Kerjanya Menjanjikan

1. Teknologi Game


Jika kamu suka bermain game, jurusan ini cocok untukmu. Jurusan teknologi game akan membekali mahasiswa dengan empat kemampuan dasar di industri game.

Setelah lulus kuliah, mahasiswa bisa bekerja di berbagai game developer. baik bergabung di tim game, design, game art, maupun game programming. Politeknik yang menyediakan jurusan ini adalah Politeknik Elektronika Negeri Surabaya.

2. Teknologi Rekayasa Utilitas


Lulusan jurusan ini bisa bekerja di berbagai sektor seperti industri retail, perhotelan dan kapal pesiar, rumah sakit, perbankan, dan perkantoran. Selain itu juga prospek kerja di perusahaan konsultan, industri pengolahan pangan, manufaktur farmasi, kimia, petrokimia, pertambangan, dan tekstil. Politeknik yang menyediakan jurusan ini adalah Politeknik Negeri Bali (PNB).


3.Logistik Perdagangan Internasional


Lulusan jurusan Logistik perdagangan internasional akan membekali kamu dengan kemampuan spesifik dalam bidang supply chain, procurement, warehouse management, project management, dan menjadi entrepreneur yang andal.

Lulusan jurusan yang terhitung baru ini memiliki kapasitas sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI). Politeknik yang menyediakan jurusan ini, adalah Politeknik Negeri Batam.

4. Rekayasa Keamanan Siber


Mahasiswa yang memilih jurusan ini, bisa mendapatkan pelajaran konsep matematika terapan, dan dasar rekayasa pelaksanaan Keamanan Siber dengan mengacu pada standar internasional, hingga menjadi insan yang unggul dan berdaya saing dalam bidang keamanan siber di kawasan Asia Tenggara. Jika kamu ingin memilih jurusan ini, maka ada satu sekolah kedinasan milik pemerintah yang bisa kamu pilih. Yakni Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN).

5. Produksi Tanaman Hortikultura


Jika kamu memilih jurusan ini, kamu akan dibekali tentang cara pembibitan yang baik, budidaya, penanganan pascapanen, dan pemasaran tanaman hortikultura untuk tanaman hias, buah-buahan, dan sayur-sayuran. Politeknik yang menyediakan jurusan ini, adalah Politeknik Negeri Jember.

Program ini menawarkan perkuliahan selama 3 tahun (6 semester) di bidang agribisnis dengan kompetensi utama dalam hal pembibitan, budidaya, penanganan pasca panen. Serta pemasaran tanaman hortikultura (seperti tanaman hias, buah-buahan dan sayur-sayuran).
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2142 seconds (0.1#10.140)