6 Beasiswa Eropa yang Banyak Diincar Mahasiswa Indonesia, Cek Daftarnya di Sini

Selasa, 22 Agustus 2023 - 11:02 WIB
loading...
6 Beasiswa Eropa yang Banyak Diincar Mahasiswa Indonesia, Cek Daftarnya di Sini
Melanjutkan studi dengan beasiswa di kawasan Eropa menjadi impian banyak orang Indonesia. Salah satu beasiswa di Eropa yang banyak diincar adalah Orange Tulip Scholarship di Belanda. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 6 beasiswa di negara-negara Eropa yang banyak diincar mahasiswa Indonesia. Melanjutkan studi dengan beasiswa di kawasan Eropa menjadi impian banyak orang Indonesia.

Selain rata-rata dikenal sebagai negara maju, pendidikan di Eropa memiliki banyak keunggulan dibanding kawasan benua lain di dunia. Saat ini banyak penawaran beasiswa yang diberikan universitas di negara-negara Eropa. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 6 beasiswa Eropa yang banyak diincar mahasiswa Indonesia.

Daftar 6 Beasiswa di Eropa yang Banyak Diincar Mahasiswa Indonesia

1.Beasiswa Emile Boutmy


Nama beasiswa Eropa ini berasal dari sang pendiri Sciences Po. yaitu Emile Boutmy. Beasiswa ini untuk para pelajar internasional yang berasal dari negara-negara di luar Eropa. Tujuannya adalah dapat menempuh studi S1 atau S2.

Pilihan studinya juga banyak, bisa Law, Political Science, History, maupun Sociology. Total beasiswa yang diberikan mencapai € 19.000 untuk masa studi selama 3 tahun, tapi pendanaannya tergantung dengan keputusan universitasnya. Syarat beasiswa satu ini ialah:

• Baru pertama kali mendaftar beasiswa Emile-Boutmy
• Tidak berasal dari negara Uni Eropa
• Pemohon telah diterima di program Sarjana atau Magister di universitas Uni Eropa
• Melampirkan beberapa dokumen untuk membuktikan kondisi keuangan
• Menyediakan application letter dan dokumen keterampilan bahasa asing

2.Erasmus Mundus Joint Masters Scholarship


Program beasiswa Eropa ini untuk mahasiswa yang mau belajar, melakukan riset, juga pelatihan atau mengajar di salah satu universitas di Eropa.

Fokusnya ada di beberapa bidang seperti Electrical Engineering, IT, Biomedical Sciences, Computer Science, dan lainnya. Beberapa universitas yang bekerjasama dengan program beasiswa ini antara lain, University of London,Universidade do Porto, University of Oradea Politecnico Di Milano, Technische Universität Dortmund, dan University of Limerick.

Sejauh ini, banyak universitas di Eropa yang bekerjasama dengan program beasiswa ini. Beberapa syarat beasiswa Erasmus Mundus untuk jenjang S2 antara lain:

• Belum pernah kuliah, bekerja atau yang lainnya selama lebih dari 12 bulan dalam 3 tahun terakhir di negara anggota Uni Eropa
• Telah menyelesaikan S1 dengan jurusan yang relevan
• Diterima di salah satu program beasiswa Erasmus Mundus
• Memiliki nilai TOEFL PBT 550 atau lebih, CBT 213 atau lebih dan IBT 82 atau lebih
• Telah terdaftar di salah satu perguruan tinggi di Eropa yang telah bekerjasama dengan program ini
• Memiliki prestasi akademik atau profesional


3.Orange Tulip Scholarship (Belanda)

Bagi yang mau kuliah di Belanda? Kamu harus apply beasiswa Orange Tulip Scholarship (OTS). Pendanaannya berlaku mulai dari Foundation S1 atau S2.

Tak tanggung-tanggung, OTS akan meng-cover keseluruhan biaya kuliah penerima beasiswanya. Beberapa universitas yang bekerjasama dengan program beasiswa eropa ini antara lain Erasmus University Rotterdam, Maastricht School of Management, Tilburg University, Rotterdam School of Management, Erasmus University, Institute for Housing and Urban Development Studies (IHS) dan Radboud University.

Lebih lanjut mengenai universitas yang menerima OTS bisa kamu konsultasikan dengan konsultan pendidikan terpercaya. Berikut adalah beberapa persyaratan untuk OTS antara lain:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2332 seconds (0.1#10.140)