Kisah Himyar, Calon Ekonom Muda dari SMA 8 Jakarta Peraih Emas di IEO Yunani

Rabu, 23 Agustus 2023 - 11:54 WIB
loading...
Kisah Himyar, Calon Ekonom Muda dari SMA 8 Jakarta Peraih Emas di IEO Yunani
Himyar Arsenio Kamaka (kanan) siswa kelas 12 SMAN 8 Jakarta peraih emas di olimpiade ekonomi di Yunani. Foto/Puspresnas.
A A A
JAKARTA - Indonesia memiliki banyak talenta muda penerus masa depan bangsa yang berprestasi kompetisi internasional . Contohnya Himyar Arsenio Kamaka, siswa kelas 12 SMAN 8 Jakarta yang meraih emas di olimpiade ekonomi di Yunani.

Pada International Economics Olympiad (IEO) di Volos, Yunani, pada 24 Juli-2 Agustus 2023 lalu Himyar mendapatkan medali emas juga penghargaan Best Financial Literacy. Dia pun membawa Tim Olimpiade Ekonomi Indonesia meraih Juara Umum ke-2.

Perolehan medali emas dan penghargaan Best Financial Literacy Best yang diraih Himyar sungguh membuat bangga dirinya, orang tua, pembina, sekolah, dan bangsa Indonesia. Mimpinya mengharumkan nama Indonesia di ajang talenta internasional akhirnya berhasil ia wujudkan.

Aktif Lomba sejak SD


Pelajar kelahiran Jakarta 3 Desember 2005 ini memang aktif mengikuti lomba sejak kecil. Tak hanya di bidang seni, namun juga dia piawai di lomba catur dan juga matematika.

Misalnya lomba mendongeng di Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), lomba catur di Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN, dan Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang Matematika.

Saat berseragam putih biru, anak dari pasangan Usep Hermawan dan Dita Komala ini tetap giat mengikuti berbagai lomba yaitu, Lomba Cerdas Cermat Museum dan OSN bidang IPS.

Ekonomi Jadi Passionnya saat SMA


Perjalanannya mengikuti sekian banyak lomba menuntunnya menemui passion yang tepat. Menurutnya, setelah menjalani berbagai lomba, pada akhirnya ketika berseragam putih abu-abu dia akhirnya menemukan Ekonomi sebagai passionnya.

“Setelah mencoba semua bidang lomba, akhirnya hatinya saya menetap ke bidang yang saya sukai yaitu Ekonomi.” ungkap Himyar, dikutip dari laman Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Rabu (23/8/2023).

Baca juga: Siswa Indonesia Sabet 5 Medali di Olimpiade Astronomi Dunia, Raih Beasiswa Indonesia Maju

Menurut Himyar bidang Ekonomi adalah ilmu campuran. Terdapat Filsafat, Kuantitatif, dan ia merasa cocok karena suka bersosialisasi dan berinteraksi.

Setiap harinya Himyar melakukan metode belajar secara mandiri dengan memanfaatkan teknologi seperti menelusuri materi-materi dari berbagai laman dan YouTube.

Dari OSN Menuju IEO Yunani dan Meraih Emas


Jalan mewujudkan mimpinya berlanjut. Tahun 2022, Himyar berkesempatan mengikuti seleksi tingkat sekolah untuk menjadi perwakilan SMAN 8 Jakarta di ajang talenta OSN.

Ia pun berhasil lolos dan mengikuti OSN bidang Ekonomi tingkat Kabupaten/Kota. Lagi-lagi jalan impian Himyar terbuka lebar, ia berhasil menjadi perwakilan provinsi DKI Jakarta di OSN tingkat nasional. Terus bertahan dan berjuang, Himyar akhirnya meraih prestasi dengan menyabet medali perunggu di OSN bidang Ekonomi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2268 seconds (0.1#10.140)