Gali Inovasi Pertanian, UI Kolaborasi Riset dengan Universitas Notre Dame dan USAID

Jum'at, 25 Agustus 2023 - 21:18 WIB
loading...
Gali Inovasi Pertanian, UI Kolaborasi Riset dengan Universitas Notre Dame dan USAID
Smart City Universitas Indonesia (UI) melakukan kolaborasi riset dengan Universitas Notre Dame dan USAID (Lembaga Pembangunan asal Amerika Serikat). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Smart City Universitas Indonesia (UI) melakukan kolaborasi penelitian (riset) dengan Universitas Notre Dame dan lembaga pembangunan asal Amerika Serikat (United States Agency for International Development) atau USAID. Kerjasama riset ini berkaitan dengan inovasi pertanian

Dekan Fakultas Teknik UI (FTUI) sekaligus Advisor Smart City UI, Heri Hermansyah mengatakan fokus kerjasama riset antara Smart City UI bersama Universitas of Notre Dama dan USAID adalah menggali peran perguruan tinggi dalam mewujudkan ekosistem inovasi pertanian yang dinamis khususnya di wilayah Jawa Barat.

Menurut Heri, keterlibatan aktif perguruan tinggi dalam ekosistem inovasi pertanian di Jawa Barat menjadi hal penting. Sebab, hal tersebut adalah pilar fundamental dalam mewujudkan transformasi sektor pertanian. "Temuan riset yang kami sampaikan menggambarkan potensi luar biasa kolaborasi ini untuk menciptakan solusi-solusi berkelanjutan dan revolusioner" ujar Heri dalam keterangan resmi, Jumat (25/8/2023).



Menurut Heri, pihaknya berharap hasil riset nantinya bisa menjadi pijakan bagi langkah-langkah dalam memperkuat sinergi antara institusi pendidikan dan pihak-pihak terkait di sektor pertanian demi masa depan pertanian Indonesia yang lebih berkelanjutan dan inovatif. Proyek ini merupakan sub-proyek dari SHARE (Supporting Holistic Actionable Research in Education) dan telah berlangsung selama 5 tahun. Yang kini berada dalam fase tiga atau tahap akhir.

Adapun diseminasi hasil riset ini dihadiri oleh 29 peserta yang merupakan pimpinan dan direktorat inovasi perguruan tinggi yang menjadi sampel. Turut hadir perwakilan dari instansi pemerintahan terkait seperti Kemendikbudristek hingga Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Menurut Heri, dari kegiatan diseminasi hasil penelitian ini, Smart City UI memperoleh umpan balik dari hasil diskusi konstruktif dengan seluruh peserta mengenai temuan-temuan kunci dari tim peneliti.

Kedepannya hasil dari penelitian Smart City UI dapat digunakan untuk memperkuat sinergi kolaboratif, serta menggairahkan pertumbuhan ekosistem inovatif yang semakin tangguh di sektor pertanian Jawa Barat.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1787 seconds (0.1#10.140)