Mahasiswa Baru, Ini Perbedaan IPK dan IPS yang Harus Kalian Ketahui

Minggu, 27 Agustus 2023 - 10:51 WIB
loading...
Mahasiswa Baru, Ini Perbedaan IPK dan IPS yang Harus Kalian Ketahui
Perbedaan IPK dan IPS yang perlu diketahui mahasiswa baru. Foto/Freepik.
A A A
JAKARTA - Sistem penilaian di perguruan tinggi disebut dengan Indeks Prestasi (IP) yaitu penilaian hasil capaian pembelajaran mahasiswa yang disebut dengan Indeks Prestasi. IP pun terbagi dua yaitu Indeks prestasi yakni Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) dan Indeks Prestasi Semester (IPS).

Memiliki IPK dan IPS yang baik tentunya menjadi kebanggaan tersendiri bagi setiap mahasiswa, bahkan tidak sedikit mahasiswa yang bercita-cita mendapatkan IPK sempurna atau mencapai IPK 4,00.

Sebagai mahasiswa maupun calon mahasiswa tentunya harus mengenal betul apa itu IPK dan IPS. Terutama mahasiswa mahasiwa pejuang beasiswa karena IPK sering sekali dijadikan salah satu syarat untuk mendaftar beasiswa.

Dikutip dari laman Universitas Airlangga (Unair), Minggu (27/8/2023), mari mengetahui perbedaan IPK dan IPS agar kalian bisa meraih nilai keduanya dengan baik.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Jurusan Astronomi ITB, Langka dan Satu-Satunya di Asia Tenggara

Buku Pedoman Pendidikan Universitas Airlangga 2022/2023 menjelaskan, hasil proses belajar dihitung sebagai Indeks Prestasi Semester (IPS) dan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK). Indeks Prestasi Semester (IPS) merupakan ukuran keberhasilan mahasiswa dalam menempuh Mata Kuliah dalam 1 (satu) semester.

Sementara Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) merupakan ukuran keberhasilan mahasiswa yang dihitung mulai masa awal studi sampai semester terakhir yang telah diikuti.

Indeks Prestasi Semester

Evaluasi hasil studi semester dilakukan pada tiap akhir semester untuk mata kuliah yang diprogramkan oleh mahasiswa pada semester tersebut yang dinyatakan dengan Indeks Prestasi Semester (IPS).

Untuk mendapatkan IPS yang baik, mahasiswa perlu nilai yang baik juga di setiap mata kuliah yang diambil pada semester tersebut. Lalu, bagaimana jika mendapatkan nilai yang kurang baik?

Tenang saja karena mahasiswa dapat memperbaiki nilai melalui ujian perbaikan, selama batas waktu studi yang diperkenankan belum dilampaui, sedangkan nilai yang digunakan adalah nilai terbaik dengan nilai tertinggi adalah B.

Indeks Prestasi Kumulatif

Baca juga: Jadi Mahasiswa Termuda ITB Jurusan Kimia, Begini Cerita Tamima Meirizqeena

IPS yang didapatkan setiap semester akan mempengaruhi nilai IPK, seperti yang kita ketahui IPK merupakan nilai kumulatif yang akan didapatkan sejak awal hingga akhir masa studi. Selain itu, terdapat predikat bagi setiap nilai IPK yang berhasil dicapai. IPK digunakan sebagai dasar penentuan predikat kelulusan program sarjana (S1) dan program diploma (D3 & D4) dengan kriteria sebagai berikut:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2060 seconds (0.1#10.140)