Apa Itu Gelar PhD? PhD dan Doktor Apakah Sama? Berikut Jawabannya

Senin, 28 Agustus 2023 - 10:15 WIB
loading...
Apa Itu Gelar PhD? PhD dan Doktor Apakah Sama? Berikut Jawabannya
Gelar PhD dan Doktor merupakan gelar yang disandang lulusan S3. Hanya saja, jika Doktor merupakan lulusan S3 kampus di Indonesia, PhD merupakan lulusan S3 dari Amerika dan Inggris. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini perbedaan antara gelar PhD dan Doktor . Pernahkah kamu bertanya mengenai apa itu PhD dan apa itu Doktor? Bagi beberapa orang istilah PhD terasa memusingkan karena keduanya bisa dianggap sama sekaligus berbeda dengan gelar doktor.

Jadi, PhD maupun Doktor memang sama-sama gelar pendidikan tertinggi di dunia akademik. Lantas apa saja perbedaan keduanya? Untuk menjawabnya, artikel kali ini akan membahasnya

Apa Itu Program PhD?


PhD merupakan kependekan dari Doctor of Philosophy. Meskipun ada kata philosophy yang artinya filsafat, namun gelar PhD tidak lantas hanya dimiliki oleh lulusan ilmu Filsafat saja.

PhD sendiri kemudian diartikan sebagai gelar pendidikan yang bisa dimiliki oleh mahasiswa S3 yang sudah menyelesaikan masa perkuliahannya. Gelar PhD memiliki kesamaan dengan gelar Doktor, yakni sama-sama disandang oleh lulusan S3.

Hanya saja, PhD dan Doktor diterima oleh mahasiswa yang kuliah S3 di negara tertentu. Kuliah S3 di Indonesia dan sejumlah negara di Asia biasanya mendapatkan gelar Doktor. Tidak peduli mengambil jurusan apa, setelah lulus langsung mendapat gelar Doktor.



Sementara untuk mahasiswa yang kuliah S3 di universitas yang ada di negara Amerika dan Inggris (UK – United Kingdom). Maka akan mendapatkan gelar PhD pada saat berhasil menyelesaikan studi S3 tersebut.

Kemudian untuk kata filsafat di dalam gelar PhD bukan menunjukan bahwa gelar ini dimiliki lulusan ilmu filsafat. Melainkan menunjukan PhD sebagai gelar penghargaan tertinggi dalam ilmu pengetahuan atau dalam dunia akademik.

Sebab seperti yang diketahui bersama, gelar PhD bisa didapatkan jika sudah menyelesaikan pendidikan tertinggi yakni S3. Sehingga sudah dianggap sebagai ahli di bidang keilmuan yang diambil dan kemudian mendapatkan gelar tersebut.

Apa Itu Program Doktor?


Doktor pada dasarnya adalah program studi pascasarjana atau gelar pendidikan bagi siapa saja yang menyelesaikan studi S3.
Dalam dunia pendidikan tinggi, gelar pendidikan dimulai dari D1 sampai D4/S1 untuk mahasiswa yang masuk ke perguruan tinggi vokasi. Kemudian di universitas umum ada gelar S1, S2, dan yang tertinggi adalah S3.

Lulusan S3 kemudian diberi gelar Doktor, penulisan gelar ini ditempatkan di depan nama penyandang atau pemiliknya. Sehingga berbeda dengan gelar S1 maupun S2 yang ditempatkan di belakang nama.

Apapun jurusan atau bidang keilmuan yang diambil saat menempuh pendidikan S3, maka dipastikan akan memperoleh gelar Doktor. Gelar Doktor sendiri bisa didapatkan setelah menempuh perkuliahan antara 6 sampai 14 semester atau berkisar antara 3-7 tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2141 seconds (0.1#10.140)