4 Perbedaan Antara Gelar PhD dan Doktor, Nomor Terakhir Prospek Kariernya

Senin, 22 Mei 2023 - 13:50 WIB
loading...
4 Perbedaan Antara Gelar PhD dan Doktor, Nomor Terakhir Prospek Kariernya
Pada dasarnya gelar Doktor dan PhD adalah sama, keduanya merupakan gelar akademik tertinggi pada jenjang pendidikan S3. Foto DOK SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pada dasarnya gelar Doktor dan PhD adalah sama, keduanya merupakan gelar akademik tertinggi pada jenjang pendidikan S3. Artinya, mahasiswa yang telah merampungkan masa studinya bisa mendapatkan gelar tersebut.

Meskipun terkadang dianggap sama, ternyata gelar PhD dan Doktor mempunyai sejumlah perbedaan di antara keduanya. Adapun perbedaan antara gelar PhD dan Doktor adalah sebagai berikut:


Berikut empat perbedaan antara gelar Phd dengan Doktor:

1. Perbedaan dari cara mendapatkannya

Gelar Doktor umumnya diberikan kepada lulusan S3 di Indonesia dan sejumlah negara lain di dunia. Sedangkan untuk PhD sendiri akan diberikan kepada mereka yang telah menyelesaikan S3 di negara tertentu.

Amerika dan Inggris merupakan dua negara yang akan memberikan gelar PhD kepada lulusan mahasiswa jenjang S3 nya. Sehingga dapat diketahui jika salah satu perbedaan di antara dua gelar tersebut adalah tempat menempuh pendidikan S3 nya.

2. Akademik dan non Akademik

Untuk gelar PhD sendiri adalah gelar akademik. Gelar akademik merupakan gelar yang diberikan kepada lulusan bidang pendidikan akademik studi dari perguruan tinggi.

Sementara untuk gelar Doktor bisa berupa gelar akademik atau profesional. Sebutan profesional adalah sebutan yang diberikan kepada lulusan perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan profesional.


3. Perbedaan fokus pembelajarannya

Menurut American Psychological Association, PhD sendiri ditujukan untuk mahasiswa yang tertarik untuk menghasilkan pengetahuan baru, serta sangat teoretis dan berfokus pada penelitian saja.

Sementara untuk gelar doktor profesional bersifat praktis, biasanya mereka akan diarahkan untuk menerapkan penelitian ke situasi atau kebutuhan profesional tertentu.

4. Perbedaan prospek dari kedua gelar tersebut

Dikutip dari laman Waldenu, setelah lulus studi S3 dan menyandang gelar PhD, mahasiswa yang mempunyai gelar tersebut biasanya akan menjadi seorang peneliti atau pengembang ilmu baru.

Sedangkan pemegang gelar Doktor, nantinya akan lebih banyak melakukan praktek di lapangan dan bisa juga menjadi pengajar di lembaga pendidikan atau perguruan tinggi.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2238 seconds (0.1#10.140)