Terbanyak di Indonesia, Unpad Terima 1.194 Mahasiswa PMM Kemendikbudristek

Senin, 28 Agustus 2023 - 12:01 WIB
loading...
Terbanyak di Indonesia, Unpad Terima 1.194 Mahasiswa PMM Kemendikbudristek
Universitas Padjadjaran (Unpad) menerima 1.194 mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Kemendikbudristek. Foto/Unpad.
A A A
JAKARTA - Universitas Padjadjaran (Unpad) menerima 1.194 mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) Kemendikbudristek. Jumlah ini menjadikan Unpad menjadi satu-satunya perguruan tinggi terbanyak menerima mahasiswa program PMM sekaligus terbanyak dalam sejarah program pertukaran mahasiswa di Indonesia.

Para mahasiswa PMM diterima secara resmi oleh Rektor Unpad Prof. Rina Indiastuti beserta pimpinan universitas dalam acara penerimaan yang digelar di Stadion Djati Padjadjaran Kampus Unpad Jatinangor, Sabtu (26/8/2023).

Usai diseleksi, 1.194 mahasiswa melakukan konfirmasi dan berhasil tiba di kampus Unpad. Mereka akan belajar di 61 prodi Sarjana dan Sarjana Terapan di Unpad selama satu semester hingga Desember 2023 mendatang. Di luar akademik, mahasiswa juga akan mengikuti perkuliahan Modul Nusantara.

Prof Rina mengatakan, Unpad menyambut baik kedatangan para mahasiswa dari luar Pulau Jawa untuk hadir dan belajar bersama dengan mahasiswa Unpad. Diharapkan, kegiatan ini dapat mendorong mahasiswa untuk dapat mencintai Indonesia dengan lebih baik.

Baca juga: Apakah Akreditasi Jurusan di Kampus Berpengaruh Terhadap Dunia Kerja? Berikut Infonya

Selain mempelajari dan menghasilkan keterampilan sesuai bidang keilmuan yang diambil di Unpad, mahasiswa PMM juga diharapkan memiliki keterampilan nonteknis atau softskill dan karakter “Jatidiri” khas mahasiswa Unpad. “Banyak skill yang harus diambil sebagai mahasiswa Unpad,” katanya, dikutip dari laman Unpad, Senin (28/8/2023).

Rektor mencontohkan, beberapa keterampilan yang mesti dikuasai di antaranya keterampilan berkolaborasi. Program PMM merupakan media bagi mahasiswa dari berbagai pulau di Indonesia untuk berkolaborasi. Karena itu, mahasiswa PMM di Unpad disilakan untuk membangun jejaring yang baik, tidak hanya antar peserta PMM tetapi juga dengan mahasiswa Unpad.

Rektor pun mendorong setiap mahasiswa PMM untuk menjalin pertemanan seluas-luasnya. “Cari teman yang banyak, teman adalah aset masa depan. Ini adalah salah satu skill yang ditanamkan kepada mahasiswa Unpad,” ujarnya.

Selain keterampilan kolaborasi, keterampilan lain yang perlu dimiliki adalah kemampuan berkomunikasi. Mahasiswa PMM di Unpad harus mampu mempersuasi orang lain untuk bersama-sama bergerak ke tujuan baik.

Dua kemampuan ini, kata Rektor, adalah bagian dari membangun jiwa kepemimpinan mahasiswa. Rektor juga mengingatkan mahasiswa PMM untuk tidak melakukan intimidasi, perundungan, hingga melakukan tindakan kekerasan seksual.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1772 seconds (0.1#10.140)