Apakah Akreditasi Jurusan di Kampus Berpengaruh Terhadap Dunia Kerja? Berikut Infonya

Senin, 28 Agustus 2023 - 09:15 WIB
loading...
Apakah Akreditasi Jurusan di Kampus Berpengaruh Terhadap Dunia Kerja? Berikut Infonya
Pengaruh akreditasi jurusan terhadap dunia kerja sangatlah banyak. Salah satunya, akreditasi jurusan sangat berpengaruh terhadap peluang menjadi PNS. Foto/dunia dosen
A A A
JAKARTA - Apakah akreditasi jurusan di kampus berpengaruh terhadap dunia kerja? Pertanyaan itu mungkin saja ada di benak mahasiswa ataupun calon mahasiswa baru. Selama ini disebut-sebut bahwa akreditasi jurusan memang ada pengaruhnya terhadap para lulusan sebuah universitas dalam melamar di dunia kerja.

Namun, harus diakui bahwa hanya beberapa alumni dari perguruan tinggi di Indonesia yang statusnya “mudah mendapatkan pekerjaan”. Mayoritas adalah dari perguruan tinggi dengan akreditasi yang baik, mulai dari akreditasi jurusan sampai akreditasi terhadap institusi pendidikan itu sendiri.

Lalu, apakah harus selalu kuliah di perguruan tinggi dengan akreditasi terbaik? Selain itu, apa saja pengaruh akreditasi jurusan terhadap dunia kerja sehingga perlu dijadikan prioritas? Artikel kali ini akan mengulas penjelasan lengkapnya

Pengaruh Akreditasi Jurusan Terhadap Dunia Kerja


Jika mempertanyakan mengenai apa pengaruh akreditasi jurusan terhadap dunia kerja? Maka jawabannya sendiri sangat banyak. Akreditasi menjadi salah satu aspek yang perlu diperhatikan pada saat memilih perguruan tinggi. Tidak hanya melihat seberapa bagus gedungnya dan seberapa mahal biayanya.

Saat memilih jurusan pun, selalu mengutamakan jurusan yang tidak hanya sesuai minat dan bakat. Melainkan mencari perguruan tinggi yang akreditasi jurusannya minimal B, akan lebih baik jika A. Mengapa demikian? Hal ini sekali lagi dipengaruhi oleh berbagai pengaruh akreditasi jurusan terhadap dunia kerja. Di antaranya adalah:

1. Syarat Menjadi Pegawai di Pemerintahan


Mempertimbangkan akreditasi jurusan atau akreditasi program studi saat memutuskan untuk kuliah adalah hal penting. Sehingga tidak asal masuk ke jurusan yang disukai tanpa memperhatikan nilai akreditasinya. Sebab nilai akreditasi dari jurusan yang diambil akan menentukan seberapa mudah mendapat pekerjaan.

Pasalnya, sampai detik ini banyak instansi pemerintahan yang mensyaratkan calon pegawainya lulus dari universitas dengan akreditasi minimal B. Demikian juga dengan akreditasi jurusan dari calon pegawai tersebut. Persyaratan ini ditetapkan karena mempengaruhi kualitas ilmu pengetahuan dan keterampilan calon pegawai.



Mahasiswa yang masuk ke jurusan dengan akreditasi memuaskan, biasanya mendapatkan pendidikan berkualitas selama kuliah. Ilmu pengetahuan yang didapatkan dan keterampilan yang dikuasai pada akhirnya akan bermanfaat bagi instansi pemerintah yang bersangkutan. Sehingga persyaratan ini kemudian menjadi persyaratan yang umum diterapkan.

Jadi, untuk siapa saja yang ingin masuk ke perusahaan pemerintah maupun lembaga pemerintahan. Baik itu BUMN maupun suatu Kementerian, maka perlu memilih kampus dan jurusan yang akreditasinya bagus. Sebab pengaruh akreditasi jurusan terhadap dunia kerja memang sangat besar.

2. Syarat Menjadi Pegawai di Berbagai Perusahaan


Teliti pada saat memilih perguruan tinggi dan jurusan di dalamnya juga mempengaruhi mudah tidaknya lolos seleksi penerimaan karyawan di berbagai perusahaan. Saat ini tak hanya instansi pemerintah yang menetapkan standar akreditasi jurusan sebagai kualifikasi calon pegawai.

Persyaratan serupa juga diberlakukan di berbagai perusahaan swasta di Indonesia. Terutama perusahaan besar yang kemudian juga sudah memiliki banyak cabang di berbagai kota dan daerah di Indonesia. Sehingga mereka hanya mau menerima pegawai yang lulus dari institusi yang sudah dijamin mutunya oleh pemerintah.

3. Syarat Mengikuti CPNS


Adapun pengaruh akreditasi jurusan terhadap dunia kerja yang berikutnya adalah datang dari ranah CPNS. CPNS adalah salah satu jembatan yang mengantarkan siapa saja untuk menjadi PNS dan menerima masa tua yang terjamin lewat dana pensiun dari pemerintah.

PNS kemudian menjadi salah satu jenis karier yang banyak diimpikan oleh masyarakat di Indonesia. Apabila kamu termasuk di dalamnya maka perlu memilih jurusan yang akreditasinya B atau A. Sebab salah satu syarat mengikuti CPNS adalah lulus dari perguruan tinggi dengan akreditasi minimal B.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1495 seconds (0.1#10.140)