Cikal Bakal Munculnya Akreditasi Perguruan Tinggi di Indonesia, Ini Sejarahnya

Selasa, 29 Agustus 2023 - 10:58 WIB
loading...
Cikal Bakal Munculnya Akreditasi Perguruan Tinggi di Indonesia, Ini Sejarahnya
Pada 1994 pemerintah Indonesia resmi mendirikan BAN-PT sebagai lembaga pemberi Akreditasi berdasar Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini sejarah awal mula munculnya akreditasi perguruan tinggi di Indonesia. Akreditasi bisa dikatakan sebagai salah satu tanda yang menentukan kualitas perguruan tinggi, baik negeri maupun swasta.

Semakin bagus nilai akreditasinya maka semakin menunjukan kualitas pendidikan di dalamnya yang bagus juga. Kehadiran sistem akreditasi perguruan tinggi tentunya tidak muncul tiba-tiba ada seperti sekarang ini.

Baca juga:Mau Kuliah? Cari Tahu Dulu Yuk Arti Akreditasi Kampus Unggul dan Akreditasi A

Ada proses panjang yang menyertainya hingga akreditasi berjalan seperti saat ini. Supaya tidak gamang atau asal menebak terkait akreditasi dan seluk beluknya, maka artikel kali ini akan membahas sejarah awal munculnya Akreditasui Perguruan Tinggi di Indonesia.

Awal Mula Munculnya Akreditasi Perguruan Tinggi di Indonesia

1. Di masa dulu proses akreditasi di sekolah maupun perguruan tinggi belum ada.

2. Hingga memasuki tahun 1994 di mana pemerintah Indonesia di masa tersebut resmi mendirikan BAN-PT seperti yang kita kenal sekarang. BAN-PT berdiri dengan dasar Undang-Undang Nomor 2 Tahun 1989.

3. Tugas dari BAN-PT adalah melaksanakan proses akreditasi program (jurusan/program studi) dan satuan pendidikan tinggi (institusi), baik yang dikelola pemerintah (PTN) maupun swasta (PTS).

4. Penilaian akreditasi di masa tersebut diambil dari aspek administrasi, kelembagaan, pendidik dan tenaga kependidikan, kurikulum, peserta didik, sarana dan prasarana pendidikan, dan keadaan umum satuan pendidikan (perguruan tinggi).

5. BAN-PT kemudian mengikuti peraturan perundang-undangan yang berlaku dan melakukan studi banding dengan negara lain terkait proses akreditasi.

6. Lewat kegiatan ini kemudian dirumuskan sistem akreditasi perguruan tinggi dan diuji coba di tahun 1996-1997.

7. Sistem akreditasi perguruan tinggi yang terbentuk menyebutkan ada 14 standar (kriteria) penilaian.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1342 seconds (0.1#10.140)