5 Tips Mempublikasikan Jurnal Nasional Secara Gratis, Begini Caranya

Selasa, 29 Agustus 2023 - 12:38 WIB
loading...
5 Tips Mempublikasikan Jurnal Nasional Secara Gratis, Begini Caranya
Secara umum, proses publikasi artikel ilmiah ke jurnal memang dibebankan biaya. Namun ada sejumlah cara untuk bisa mempublikasikan jurnal nasional secara gratis.Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini 5 tips mempublikasikan jurnal nasional secara gratis. Ingin mempublikasikan jurnal nasional? Pastikan memahami apa saja tips publikasi jurnal gratis agar penulis tidak merasa terbebani dengan biayanya.

Secara umum, proses publikasi artikel ilmiah ke jurnal memang dibebankan biaya. Biaya ini dibebankan oleh penerbit atau tim dari sebuah jurnal ilmiah. Biayanya bervariasi, dan biasanya biaya ini sering muncul untuk jurnal yang sifatnya open acces. Yakni jurnal yang bisa diakses dengan mudah dan gratis oleh pembaca.

Setiap penulis tentu ingin artikel ilmiahnya dibaca masyarakat luas dengan mudah dan praktis. Maka banyak yang memilih jurnal open acces sebagai destinasi, meskipun biaya untuk publikasinya tidak murah.

Namun, sudahkah mengetahui bahwa publikasi jurnal nasional maupun internasional secara open acces ternyata bisa gratis tanpa biaya? Artikel kali ini akan mengulas mengenai tips mempublikasikan jurnal nasional secara gratis

Kenapa Publikasi Jurnal Harus Berbayar?

Dalam dunia pendidikan tinggi, seorang dosen memiliki kewajiban melaksanakan Tri Dharma. Isinya sendiri ada tiga pokok bagi dosen yaitu mengajar, meneliti, dan mengabdi kepada masyarakat.

Dalam meneliti, dosen kemudian tidak sekedar melakukan penelitian dan bisa duduk manis saat hasil penelitian didapatkan. Hasil penelitian ini kemudian diwajibkan untuk dipublikasikan agar bisa diakses masyarakat luas. Bagaimana caranya?



Yakni dengan menyusun hasil penelitian ke dalam artikel ilmiah yang kemudian dipublikasikan ke jurnal ilmiah yang sesuai. Opsional kedua, adalah menyusun artikel ilmiah menjadi naskah buku lalu diterbitkan lewat penerbit agar bisa dibeli dan dibaca masyarakat.

Bicara mengenai proses publikasi, baik dalam bentuk jurnal maupun buku memang tidak gratis. Biayanya dibebankan kepada siapa? Tentunya kepada penulis yang dalam hal ini adalah para dosen yang sekaligus sebagai peneliti dan juga penulis. Meskipun dosen mendapatkan dana hibah penelitian, biasanya proses publikasi hasil penelitiannya tetap harus membayar dengan biaya sendiri. Kecuali, dosen mendapatkan rezeki memenangkan program hibah publikasi.

Tips Publikasi Jurnal Nasional Secara Gratis

1. Pastikan Tulisan Orisinal


Tips publikasi jurnal gratis yang pertama adalah memastikan tulisan artikel ilmiah benar-benar orisinal. Artinya, artikel ilmiah ini ditulis sendiri dan merupakan buah pikiran sendiri yang kreatif, inovatif, dan juga menyesuaikan hasil penelitian sendiri.

Orisinalitas di dalam artikel ilmiah membuatnya menarik perhatian tim atau editor jurnal. Apalagi jika ada unsur kebaruan, unik, membahas topik terkini, dan lain sebagainya. Jadi. pertahankan originalitas artikel yang dimiliki.

2. Mematuhi Aturan dan Kebijakan Penyelenggara Publikasi

Penyelenggara publikasi yakni tim atau redaksi jurnal tentu memiliki aturan dan kebijakan tersendiri. Jurnal sendiri sangat banyak dan masing-masing dikelola redaksi berbeda sehingga kebijakan di dalamnya juga berbeda.

Jadi cermati dengan baik aturan dan kebijakan yang dibuat untuk mempublikasikan artikel ilmiah secara gratis di dalamnya. Sebagai penulis yang bisa patuh tentunya berkesempatan untuk memperoleh fasilitas publikasi gratis, terutama jika ada program khusus.

3. Submit Sesuai Bidang Keilmuan


Tips publikasi jurnal gratis ketiga adalah submit artikel ilmiah ke jurnal yang bidang keilmuannya sesuai. Jurnal ini ibarat sebuah majalah yang di dalamnya terdapat banyak artikel yang saling berhubungan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1855 seconds (0.1#10.140)