5 Tips Mempublikasikan Jurnal Nasional Secara Gratis, Begini Caranya

Selasa, 29 Agustus 2023 - 12:38 WIB
loading...
A A A
Majalah bisnis hanya akan memuat artikel bertemakan bisnis, sedangkan majalah gosip artis hanya memuat artikel tentang gosip artis terkini. Jurnal juga demikian, jurnal bidang ekonomi hanya memuat artikel ilmiah bertemakan ekonomi saja.

Jadi, pastikan sudah memilih jurnal yang sesuai dengan bidang keilmuan dari artikel yang disusun. Supaya artikel diterima dan kemudian bisa menikmati fasilitas publikasi gratis yang disediakan redaksi jurnal tersebut.

4. Memperhatikan Tema atau Topik Artikel Ilmiah


Kunci agar artikel diterima redaksi jurnal yang menerima artikel secara gratis juga terletak pada tema atau topik yang diangkat. Topik ini sebaiknya yang tidak hanya dikuasai kamu saja selaku penulisnya.

Namun juga memiliki unsur penting lainnya seperti tingkat urgensi yang tinggi, mengandung unsur kebaruan, mengusung topik yang sedang hangat diperbincangkan, dan lain sebagainya. Sehingga membuatnya menarik di mata editor dibanding artikel ilmiah lain yang dikirimkan penulis lain.

5. Mencari Tempat Publikasi Jurnal Nasional Gratis


Tips publikasi jurnal gratis selanjutnya adalah mencari tempat yang memang melayani publikasi jurnal nasional secara gratis. Meskipun jarang namun aktualnya tetap ada dan semakin ke sini semakin banyak. Jadi, silahkan dicari agar bebas biaya publikasi jurnal.


Pilihan Tempat Publikasi Jurnal Nasional Gratis

1. CSEAS Journal/Southeast Asian Studies Journal


CSEAS merupakan jurnal terbitan Kyoto University, yang menyediakan fasilitas submit artikel ilmiah secara gratis. Banyak penulis Indonesia submit artikelnya di jurnal ini. Selain itu sudah terindeks SINTA sehingga bisa untuk publikasi jurnal nasional maupun internasional.

2. Jurnal Analisis, Centre for Strategic International Studies (CSIS) Indonesia


Selanjutnya ada CSIS yang merupakan jurnal analisis, nama jurnal ini sangat populer di kalangan peneliti Indonesia. Sebab sifatnya gratis dan penulis yang submit artikel diwajibkan menuliskan rekomendasi kebijakan di bagian akhir artikel.

Menariknya lagi, CSIS meskipun tidak memungut biaya dari penulis tetap memberikan fee dan royalti sejak jurnal terbit. Sehingga bisa dijadikan tujuan bagi siapa saja yang menulis artikel dengan bidang keilmuan yang sesuai.

3. Google Scholar


Siapa yang tidak kenal Google Scholar? Google Scholar sering dijadikan tujuan siapa saja mencari referensi jurnal ilmiah kredibel. Menariknya tempat publikasi yang dikelola oleh Google ini juga melayani submit jurnal nasional secara gratis.

4. Portal Garuda


Portal Garuda menyediakan banyak jurnal nasional gratis. Anda yang memiliki naskah artikel ilmiah siap terbit bisa mencari jurnal-jurnal nasional gratis di sini dan dijamin kredibel sekaligus terindeks di SINTA.

5. Biomed Central


Menyusun artikel ilmiah di bidang biologi dan perobatan? Maka bisa submit artikel ilmiah tersebut ke jurnal Biomed Central. Biomed Central sudah dikenal luas dan tidak membebankan biaya bagi penulis yang submit artikel di dalamnya.
(wyn)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1742 seconds (0.1#10.140)