Link and Match dengan Dunia Kerja, Unika Atma Jaya Dukung Pusat Karier di Kampus

Selasa, 29 Agustus 2023 - 18:39 WIB
loading...
Link and Match dengan Dunia Kerja, Unika Atma Jaya Dukung Pusat Karier di Kampus
Rektor Unika Atma Jaya, Dr. Agustinus Prasetyantoko. Foto/Unika Atma Jaya.
A A A
JAKARTA - Indonesia Career Center Network (ICCN) wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat dan Banten (DJB) menyelenggarakan kegiatan pelatihan untuk para pengelola pusat karier perguruan tinggi. Pusat karier ini akan menghubungkan dunia kampus dengan dunia kerja.

Career Center Officer Training Progam (CCOP) 2023 berlangsung secara hybrid bertempat di Kampus Semanggi, Unika Atma Jaya. Acara ini dihadiri 62 peserta yang terdiri dari 53 perguruan tinggi dari seluruh Indonesia.

Turut hadir membuka acara dalam kesempatan ini Kepala LLDIKTI Wilayah III, Prof. Dr. Toni Toharudin yang menegaskan pentingnya peran lembaga pusat karier di perguruan tinggi.

“Banyak perguruan tinggi selama ini mengabaikan pentingnya membangun struktur kelembagaan yang dapat membantu perguruan
tinggi menjembatani lulusan agar dapat terserap secara efektif," katanya dalam keterangan resmi, Selasa (29/8/2023).

Baca juga: Jurusan Kuliah 5 Ketua BPK RI Terakhir, Almamaternya Mana Saja?

Kepala LLDIKTI Wilayah III menyoroti angka pengangguran yang berasal dari lulusan perguruan tinggi. Menurutnya, ICCN memiliki peran penting dalam mengembangkan kapasitas pengelola pusat karier di perguruan tinggi.

Rektor Unika Atma Jaya, Dr. Agustinus Prasetyantoko menyampaikan pusat karier harus menjadi HUB atau penghubung pendidikan tinggi dengan dunia kerja agar terjadi link and
match.

“Pusat karier tidak semata-mata hanya menjadi pengelola, namun harus dapat memberikan inspirasi ataupun feedback kepada perguruan tinggi terkait kompetensi apa yang saat ini dibutuhkan,” tambah Rektor Unika Atma Jaya.

Baca juga: Perkuat Kajian Religious Tourism, UIN Walisongo Bersinergi dengan Universitas IIAU Uzbekistan

“Dalam penilaian World University Ranking, Employability memiliki penilaian yang cukup besar, dan kami beruntung di antara poin-poin penilaian pada aspek ini employability kami cukup baik, ini tidak terlepas dari peran Career Center,” ungkapnya.

President ICCN, Teddy Indira Budiwan pun mengungkapkan saat ini ICCN tengah dalam proses membentuk standarisasi yang ke depannya berkembang menjadi sertifikasi kompetensi bagi pengelola pusat karier di perguruan tinggi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1450 seconds (0.1#10.140)