Ini Kisaran Besar Gaji Rektor Universitas Negeri

Kamis, 31 Agustus 2023 - 07:33 WIB
loading...
Ini Kisaran Besar Gaji Rektor Universitas Negeri
Berapa besaran gaji rektor universitas negeri? Pertanyaan ini menarik untuk diketahui jawabannya.Foto/SINDOnews.
A A A
JAKARTA - Berapa besaran gaji rektor universitas negeri? Pertanyaan ini menarik untuk diketahui jawabannya. Sebab, rektor merupakan jabatan tertinggi di sebuah universitas.

Jabatan tersebut mensyaratkan sejumlah kriteria bagi siapa pun yang berminat menempatinya.

Mengutip laman Universitas Indonesia mengenai syarat rektor dalam pemilihan rektor baru, salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh calon rektor adalah belum berusia 60 tahun saat dilantik menjadi rektor berdasarkan jadwal yang ditetapkan.

Selain itu, seorang rektor haruslah telah mengenyam pendidikan doktor atau S3 dari perguruan tinggi yang terakreditasi oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) berdasarkan tanda lulus yang sah.

Baca juga: Wujudkan Visi World Class University, Rektor MNC University Ungkap Strategi Perkuat SDM

Bila calon rektor merupakan lulusan luar negeri, maka ia harus berpendidikan doktor dari perguruan tinggi luar negeri yang telah disetarakan oleh Kemenristekdikti.

Berdasarkan peraturan, masa jabatan rektor pada perguruan tinggi yang diselenggarakan pemerintah adalah selama empat tahun. Setelah masa jabatan tersebut selesai, rektor dapat diangkat kembali dengan ketentuan tidak boleh lebih dari dua kali masa jabatan berturut-turut.

Lantas, selama memimpin perguruan tinggi, berapa besaran gaji rektor universitas negeri? Perlu diketahui bahwa besar gaji dosen dan rektor PTN bervariasi.

Besaran Gaji Rektor Universitas Negeri

Dikutip dari laman Asosiasi Dosen Perkadosi, dosen PTN termasuk PNS golongan III (III/a sampai III/d) dan golongan IV (IV/a sampai IV/e).

Penggajian dosen dan rektor mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 Tentang Perubahan Kedelapan Belas Atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 Tentang Pengaturan Penggajian Pegawai Negeri. Menurut peraturan tersebut, besar gaji PNS termasuk dosen dan rektor PNS, ditentukan sesuai dengan golongan dan lama masa kerja. Berikut besaran gaji dosen PNS.

Gaji Pokok PNS Golongan III
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1142 seconds (0.1#10.140)