10 Jurusan Kuliah di Luar Negeri Terfavorit, Mana Paling Prospektif?

Kamis, 31 Agustus 2023 - 11:31 WIB
loading...
10 Jurusan Kuliah di Luar Negeri Terfavorit, Mana Paling Prospektif?
Jurusan bisnis menjadi salah satu jurusan favorit di kampus luar negeri. Mata kuliah yang dipelajrari di jurusan bisnis antara lain keuangan, sumber daya manusia, marketing, dan ekonomi. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini jurusan kuliah favorit kampus luar negeri. Melanjutkan studi di luar negeri banyak dicita-citakan orang Indonesia. Kualitas dan sistem pendidikan yang dianggap mumpuni menjadi factor utama banyak orang Indonesia mengincar melanjutkan pendidikan di mancanegara.

Sebelumn benar-benar mendaftar kuliah di luar negeri, ada baiknya kamu mencari informasi tentang dunia pendidikan tinggi di luar negeri. Salah satunya yang perlu diketahui adalah jurusan-jurusan paling diminati atau favorit incaran calon mahasiswa. Dirangkum dari berbagai sumber, ini 10 jurusan kuliah di luar negeri terfavorit

10 Jurusan Kuliah Favorit dan Paling Diminati di Luar Negeri

1. Matematika


Jurusan matematika mempelajari aljabar, geometri, kalkulus, teori bilangan dan mata pelajaran lain yang berhubungan dengan matematika. Jurusan ini mempelajari bagaimana menghasilkan persamaan terperinci dan teori komputasi untuk memecahkan masalah di bidang akademisi, pemerintah, dan sektor lainnya.

Mau kuliah jurusan matematika? Kamu bisa ke The University of Manchester di Inggris atau University of New South Wales di Australia yang terkenal dengan program studi matematika yang berkualitas!

2. Ilmu Komputer


Dalam program ilmu komputer, kamu belajar tentang hardware dan software. Terlebih lagi kamu juga akan mendalami bahasa programming dan proses networking. Ilmu komputer adalah bidang luas yang memungkinkan lulusan untuk mengejar karier di berbagai bidang.



Beberapa di antaranya termasuk IT, keamanan dunia maya, manajemen basis data, dan masih banyak lainnya. Jika ingin mendalami ilmu komputer, jadikan University of Auckland dan Auckland University of Technology di Selandia Baru sebagai salah satu opsimu!

3. Bisnis


Gelar di bidang bisnis mengajarkan siswa keterampilan yang bisa membantu meraih kesuksesan dalam banyak peran di bidang bisnis. Mata kuliah yang nantinya kamu pelajari termasuk keuangan, sumber daya manusia, marketing, dan ekonomi. Untuk meraih gelar bisnis, kamu bisa mempertimbangkan kuliah di Arizona State University atau Duke University di Amerika Serikat.

4. Biologi dan Ilmu Medis


Biologi dan ilmu medis mempelajari bagaimana manusia, hewan, tumbuhan, lingkungan, dan sistem kehidupan lainnya berinteraksi dan saling mempengaruhi pada berbagai tingkatan.Jurusan kuliah di luar negeri yang satu ini akan mendalami berbagai topik termasuk genetika, bioteknologi, biokimia, biofisika, biomedis, dan ekologi. Mau studi biologi tapi nggak mau terlalu jauh dari rumah? Pilihlah jurusan biologi di Taylor’s University atau UCSI University di Malaysia

5. Psikologi


Jurusan psikologi mempelajari tentang otak dan perilaku manusia. Mahasiswa psikologi dapat memperoleh pengetahuan ilmu perilaku dan bagaimana otak orang berkembang dari waktu ke waktu, selain bagaimana membantu orang dengan cedera otak atau berbagai kondisi psikologis. Kanada menawarkan beberapa universitas dengan program studi psikologi terbaik seperti di University of Waterloo dan University of British Columbia.

6. Teknik


Teknik adalah salah satu gelar yang banyak menarik minat dan menjadi favorit mahasiswa asing, dengan beberapa prospek pekerjaan terbaik. Engineering memiliki banyak spesialisasi yang berbeda, dengan empat yang asli adalah sipil, mekanik, kimia, dan listrik.

Keempat cabang teknik ini bisa kamu pelajari lebih jauh untuk memasukkan hal-hal seperti teknik biomedis, teknik kedirgantaraan, dan teknik perangkat keras komputer. Mau ambil engineering? University College London dan Lancaster University menawarkan program studi engineering terbaik di Inggris

7. Perhotelan (Hospitality)


Karena popularitas traveling dan pariwisata, salah satu gelar yang banyak menarik minat adalah perhotelan. Perhotelan atau manajemen hotel dan restoran adalah industri yang sangat populer di mana siswa akan belajar tentang bagaimana menjalankan bisnis dengan lancar sambil tetap menguntungkan.

Menurut proyeksi, perhotelan tumbuh sebesar 18% dalam sepuluh tahun ke depan, yang berarti lulusan jurusan ini akan dapat menemukan pekerjaan dengan relatif mudah. Les Roches Global Hospitality Management Education dan Glion Institute of Higher Education adalah beberapa institusi pendidikan di luar negeri yang menawarkan program hospitality terbaik.

8. Keperawatan (Nursing)


Keperawatan adalah salah satu gelar yang banyak menarik minat dan populer pada 2023. Menjadi perawat terdaftar mengharuskan siswa untuk belajar bagaimana merawat pasien di berbagai fasilitas kesehatan. Perawat terdaftar harus berhasil menyelesaikan gelar sarjana keperawatan dan lulus ujian lisensi mereka.



Menurut prediksi dan proyeksi keperawatan akan tumbuh sebesar 6% dalam sepuluh tahun ke depan, dengan sekitar 203.200 lowongan pekerjaan dalam periode waktu yang sama. Kamu bisa banget studi keperawatan di University of Technology Sydney (UTS) atau Monash University di Australia.

9. Keuangan (Finance)


Keuangan adalah gelar lain yang in-demand pada 2023. Mempelajari keuangan akan melatih siswa untuk terlibat dalam kegiatan keuangan bisnis sehari-hari, seperti akuntansi atau budgeting. Pilihan karir bagi mereka yang memiliki gelar keuangan sangat banyak dan mencakup hal-hal seperti penasihat keuangan, akuntan, dan analis keuangan.

Studi finance di tempat terbaik. Amerika Serikat menawarkan Towson University dan The University of Manchester di Inggris dengan program studi finance ternama dan berkualitas.

10. Teknologi Informasi


Gelar dalam teknologi informasi dapat mempersiapkanmu untuk berkarir dalam sistem pendukung komputer, network administration, dan analisis keamanan informasi. Di zaman sekarang, hampir setiap bisnis membutuhkan seseorang dengan jenis keahlian yang dimiliki oleh para ahli IT. Untuk itu, IT adalah salah satu gelar yang diminati. Ingin studi IT? University of Waikato dan University of Canterbury bisa jadi destinasi studimu di Selandia Baru.
(wyn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5773 seconds (0.1#10.140)