Bangun Relasi Triple Helix di UMKM, FIA-UI Kolaborasi Bareng PT Sucofindo dan Pemkot Depok

Jum'at, 01 September 2023 - 14:07 WIB
loading...
Bangun Relasi Triple Helix di UMKM,  FIA-UI Kolaborasi Bareng PT Sucofindo dan Pemkot Depok
Fakultas Ilmu Administrasi (FIA)-UI menggandeng PT. Sucofindo melakukan program pengabdian Masyarakat (Pengmas) membangun kapasitas digital marketing pada UMKM di Kota Depok pada 29-31 Agustus 2023/ Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Fakultas Ilmu Administrasi (FIA)-UI bekerja sama dengan PT. Sucofindo melakukan program pengabdian Masyarakat (Pengmas) untuk membangun kapasitas digital marketing pada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Depok.

Kegiatan Pengmas ini merupakan kelanjutan dari program tahun sebelumnya untuk membangun kapasitas perencanaan keuangan dan aksesibilitas permodalan UMKM Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA). Kegiatan pengmas kolaborasi FIA UI dan PT. Sucofindo tersebut dilakukan selama tiga hari yang terbagi dalam dua sesi.

Di hari pertama pada 29 Agustus 2023, PT Sucofindo melakukan seminar hybrid (daring dan luring) dengan mengusung tema besar “Dekarbonasi” dan “Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN)”. Vice President SBU, Sertifikasi, dan EcoFramework, Budi Utomo menyampaikan pentingnya pelaku usaha untuk memperhatikan isu dekarbonisasi dalam mengembangkan aktivitas bisnisnya.

Isu dekarbonisasi ini menjadi tantangan dan peluang bagi pelaku bisnis ke depannya. Sementara itu Pambudi Raharjo, Konsultan Bagian Fasilitasi Kandungan Lokal, SBU, Perdagangan, Industri dan Kelautan memaparkan pentingnya pengetahuan pelaku bisnis terhadap kandungan lokal dalam produk yang dihasilkan.



Pemerintah memiliki komitmen mendukung dan melindungi pelaku usaha dalam negeri dengan menetapkan TKDN menjadi salah satu preferensi dalam proses pengadaan barang dan jasa di instansi pemerintahan.

Ketua pelaksana program Pengmas UMKM Kota Depok, Dr. Andreo Wahyudi Atmoko mengapreasiasi kerja sama dengan PT Sucofindo untuk membagikan pengalaman dalam menjawab isu sustainalibiltas terkait dengan bagaimana mengelola karbon dan TKDN dalam membangun bisnis. Hal ini dinilai penting bagi mahasiswa S1-S3 dari Administrasi Publik, Bisnis, dan Perpajakan dan pelaku bisnis pada umumnya.

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko PT. Sucofindo, Budi Hartanto menyampaikan bahwa kegitaan ini sebagai bentuk upaya PT. Sucofindo dalam berkontribusi pada negeri. Sebagai BUMN yang bergerak di bidang pengujian, inspeksi, dan sertifikasi, Sucofindo memiliki komitmen untuk terus beradaptasi dengan dinamika lingkungan.

Selain mewujudkan relasi triple helix, kolaborasi dengan UI dan Pemkot Depok ini penting untuk mewujudkan sinkronisasi antara sisi bisnis dan sisi regulasi pemerintah dan hal ini akan mendorong perbaikan kebijakan publik ke depan.

Muhamad Fikri mewakili Pemkot Depok mengapresiasi kegiatan Pengmas ini. Pemkot Depok tidak bisa bekerja sendiri dalam melakukan pemberdayaan UMKM PEKKA dan membutuhkan kolaborasi dan sinergi lintas sektor dengan melibatkan akademisi, lembaga pemerintah terkait, sektor swasta, dan media usaha.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1493 seconds (0.1#10.140)